Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Ditinjau Dari Metakognisi

Wilujeng, Sri, 51906150012 and Anjariyah, Deka, 0712088901 and Feriyanto, 0725059001 (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Ditinjau Dari Metakognisi. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 .pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum numerasi berdasarkan dari metakognisi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di kelas VIII-D SMP Negeri 1 Gedeg. Subjek penelitian yang dipilih berdasarkan angket metakognisi berjumlah 52 butir pernyataan, dan mempertimbangkan kemampuan matematika setara serta kemampuan komunikasi baik sehingga diperoleh satu siswa dengan metakognisi tinggi, satu siswa dengan metakognisi sedang, dan satu siswa dengan metakognisi rendah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis (TKBK) dan wawancara. Data yang didapat dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis Facione dengan tahapan antara lain interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Hasil dari penelitian ini kemampuan berpikir kritis subjek dengan metakognisi tinggi pada indikator (interpretasi) menuliskan informasi yang terdapat pada soal, (analisis) mengidentifikasi hubungan antara strategi, dan konsep, (evaluasi) membuat kesimpulan dengan tepat dan (inferensi) membuat kesimpulan secara logis. Kemampuan berpikir kritis subjek dengan metakognisi sedang (SS) menuliskan informasi yang terdapat pada soal, (analisis) menjelaskan hubungan antara strategi, dan konsep namun pada indikator (evaluasi) subjek tidak yakin terhadap hasil perhitungannya, subjek memeriksa jawaban yang dibuat namun jawabannya kurang tepat. Pada indikator (inferensi) menuliskan kesimpulan dari penyelesaian soal namun kesimpulan yang dibuat kurang tepat. Kemampuan berpikir kritis subjek dengan metakognisi rendah (SR) pada indikator (interpretasi) menuliskan infromasi pada soal, namun pada indikator (analisis) subjek merasa kurang yakin dengan konsep dan strategi yang digunakan, dan subjek kurang memahami sehingga tidak mengungkapkan yakin atau tidak yakin benar dengan jawabannya. Pada indikator (evaluasi) subjek memeriksa jawaban yang dibuat namun jawaban yang dibuat kurang tepat. Pada indikator (inferensi) menuliskan kesimpulan dari penyelesaian soal meskipun kesimpulan yang dibuat kurang tepat.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Asesmen Kompetensi Minimum, Numerasi, Metakognisi.
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Wilujeng Sri
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:15
Last Modified: 05 Sep 2023 07:15
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4929

Actions (login required)

View Item View Item