Pengembangan Soal Kemampuan Bernalar Kritis pada Materi Aritmatika Sosial Tema Kewirausahaan untuk SMP Kelas VII

Awalya, Eryke Putri, 51906150007 and Anjariyah, Deka, 0712088901 and Imanah, Ulil Nurul, 0711128701 (2023) Pengembangan Soal Kemampuan Bernalar Kritis pada Materi Aritmatika Sosial Tema Kewirausahaan untuk SMP Kelas VII. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan soal kemampuan bernalar kritis pada materi aritmatika sosial tema kewirausahaan untuk SMP kelas VII yang berkualitas baik, serta untuk mendeskripsikan efek potensial soal kemampuan bernalar kritis pada materi aritmatika sosial tema kewirausahaan untuk SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan formative evaluation dari Tessmer. Proses pengembangan soal melalui tahapan preliminary dan formative evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kemlagi. Pada tahap preliminary, peneliti melakukan studi literatur terkait kemampuan bernalar kritis dan soal aritmatika sosial tema kewirausahaan, melakukan permohonan izin penelitian, serta menentukan waktu dan subjek penelitian. Tahap formative evaluation terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Tahap self evaluation menghasilkan rancangan soal tema kewirausahaan untuk mengukur kemampuan bernalar kritis siswa. Tahap expert review bertujuan untuk mengevaluasi rancangan soal terkait materi, konstruk dan bahasa oleh validator. Tahap ini untuk mengetahui kevalidan rancangan soal yang diperoleh dari lembar validasi ahli. Selanjutnya rancangan soal digunakan pada tahap one-to-one untuk uji keterbacaan soal oleh 3 siswa kelas VII- A. Tahap berikutnya yaitu small group, untuk mengetahui tingkat kepraktisan soal diperoleh dari angket respon siswa yang dikerjakan oleh 6 siswa kelas VII-B. Kemudian, tahap field test bertujuan untuk mengetahui efek potensial soal yang dikembangkan berdasarkan hasil akumulasi jawaban 20 siswa kelas VII-C. Hasil pengembangan soal kemampuan bernalar kritis pada materi aritmatika sosial tema kewirausahaan untuk SMP kelas VII yang berkualitas baik memenuhi kriteria valid, praktis dan memiliki efek potensial. Soal dinyatakan valid dengan rata-rata total kevalidan sebesar 3,56 yang menunjukkan kategori valid. Soal dinyatakan praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 82,92% yang menunjukkan kategori praktis. Soal memiliki efek potensial terhadap kemampuan bernalar kritis siswa dengan rata-rata kemampuan bernalar kritis siswa sebesar 81,2% yang menunjukkan kategori kritis.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Kewirausahaan, Bernalar Kritis.
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Awalya Eryke Putri
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:13
Last Modified: 07 Sep 2023 07:28
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4932

Actions (login required)

View Item View Item