wulandari, nuryani, 5905120043 and Yaqin, Ainul, 0706017402 and wachidah, hajar nurma (2023) Peran Pribadi Guru Dalam Perkembangan Karakter Peserta Didik di MTsN Mojokerto. Skripsi, Program Studi Agama Islam. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
ABSTRAK NW.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB I NW FIX.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text
BAB 2 NW FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3 NW FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4 NW FIX.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 5 NW FIX.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (384kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN (1).pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dimulai setelah penulis melakukan observasi ke MTsN di Mojokerto yang mana dalam KBM sekolah tersebut terdapat dua rombel, yakni rombel tahfidz dan rombel reguler. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk menganalisis karakter guru baik dan karakter toxic teacher. 2. Untuk menganalisis dan memahami responden peserta didik terhadap karakter guru. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan penelitian deskriptif peneliti berusaha menggambarkan dan menguraikan suatu peristiwa maupun kejadian yang menjadi objek tanpa melebih-lebihkan. Pengumpulan data dilaksanakan menggunakan metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga metode tersebut kemudian periksa keabsahan datanya dengan uji kredibilitas. Pelaksanaan pengecekan kredibilitas data teknik triangulasi. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahannya data dianalisis dengan cara: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Dari penelitian tersebut dihasilkan temuan sebagai berikut: Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan peserta didik mengenai proses pembentukan karakter peserta didik dapat disimpulkan bahwasanya para guru MTsN 3 Mojokerto sudah maksimal dalam proses membentuk karakter peserta didik. Dengan cara memberi teladan, memberi nasihat, memberi hukuman. Setelah melaksanakan observasi di MTsN 3 Mojokerto dapat diketahui bahwa guru disana sudah menjadi teladan yang baik bagi peserta didiknya, para guru di MTsN 3 Mojokerto berperilaku sopan, berpakaian rapi, masuk kelas tepat waktu, humoris. Beberapa karakter tersebut sudah mencerminkan teladan yang baik bagi peserta didik. Meskipun ada guru yang menurut peserta didik suka membandingkan, akan tetapi tujuan dari guru tersebut untuk memberikan semangat pada peserta didik agar lebih rajin. Kata kunci: peran guru, teladan, karakter guru
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran guru, teladan, karakter guru |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | Wulandari Nuryani |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 02:09 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 02:09 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4940 |
Actions (login required)
View Item |