PEMANFAATAN MEDIA GAME INTERAKTIF WORDWALL SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DI SDI SABILUL MUHTADIN

Ayu lutfiana, Desy and Rozi, Syaikhu, 0716018307 and Syaifuddin, 0713128202 (2023) PEMANFAATAN MEDIA GAME INTERAKTIF WORDWALL SEBAGAI EVALUASI PEMBELAJARAN PAI DI SDI SABILUL MUHTADIN. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK REPOSITORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
LAMPIRAN REPOSITORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berbicara tentang media pembelajaran sangatlah banyak jenisnya, mulai dari media gambar,media video, serta power point dan lain-lain. Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan dalam pembelajaran dan evaluasi guru harus memanfaatkan kemajuan teknologi agar menarik perhatian peserta didik, membuat antusias dan memiliki pemahaman yang tinggi. Dengan ini perlu adanya tindakan dalam menginovasi media evaluasi yang lebih inovatif dan efektif berupa pengaplikasian soal tes evaluasi dengan bantuan website agar lebih menarik. Pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Rencana pembelajaran yang sudah divalidasi oleh validator sebelum diuji cobakan kepada siswa, dilakukan dengan menggunakan alat evaluasi berupa media game interaktif wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDI Sabilul Muhtadin di Kec.Puri Kab.Mojokerto. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis evaluasi pembelajaran PAI yang dilakukan di SDI Sabilul Muhtadin (2) dan menganalisis Pemanfaatan media game interaktif wordwall sebagai media evaluasi pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan penelitian Action Research dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDI Sabilul Muhtadin yang berjumlah 20 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dari empat teknik yaitu wawancara kepada key informan yakni guru mata pelajaran PAI, observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media game interaktif wordwall sangat efektif digunakan sebagai evaluasi pembelajaran PAI, berdasarkan analisis terhadap efektivitas selama pembelajaran dan evaluasi materi PAI terjalin adanya proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dalam suasana yang edukatif agar menggapai tujuan pembelajaran. Efektivitas seperti yang dapat diartikan sebagai adanya pembelajaran yang memungkinkan peserta didik memiliki kemampuan tertentu, pembelajaran yang menyenangkan, keaktifan peserta didik dalam belajar sehingga meraih target yang diinginkan, baik dari segi tujuan pendidikan serta prestasi peserta didik yang optimal. Adapun pada penerapannya diawali dengan perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada setiap siklus. Hasil refleksi dari pra siklus berupa pengarahan terhadap langkah-langkah penggunaan media game interaktif wordwall, kemudian di siklus I mencapai 80% ketuntasan belajar, dan di siklus ke II mencapai 85% ketuntasan belajar. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media game interaktif wordwall efektif digunakan sebagai alat instrument evaluasi belajar PAI. Kata Kunci : Media Game Interaktif Wordwall, Evaluasi Pembelajaran, PAI

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Game Interaktif Wordwall, Evaluasi Pembelajaran, PAI
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: lutfiana Desy ayu
Date Deposited: 13 Sep 2023 02:31
Last Modified: 13 Sep 2023 02:31
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4972

Actions (login required)

View Item View Item