PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELEGENSI SISWA MAN 1 MOJOKERTO

Setiawan, Agus, 51905120001 and Rozi, Syaikhu, 0716018307 and Rohmad, Muhammad Ali, 0725108601 (2024) PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELEGENSI SISWA MAN 1 MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
judul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)

Abstract

ABSTRAK Setiawan, Agus, 2023, Pengembangan Multiple Intellegensi Siswa Man 1 Mojokerto. Skripsi, Pogram Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I : Dr. M. Ali Rohmad, S.Pd. I. Pembimbing II : Syaikhu Rozy, M. Pd. I. Penelitian ini membahas tentang upaya yang dilakukan oleh tenaga pendidik dalam mengembangkan model kecerdasan ganda (multiple intelligensi) dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan Multiple Intelligence siswa di MAN 1 Mojokerto, terutama dalam mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam). Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana jenis-jenis kecerdasan ganda dikembangkan di MAN 1 Mojokerto. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, teknik pengumpulan data dalam penlitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Multiple Intelligence atau Teori Kecerdasan Majemuk sebagai landasan analisan dan pembahasan. Hasil dari penelitian ini adalah Jenis kecedasan yang dikembangkan di MAN 1 Mojokerto dilakukan berdasarkan standard penilaian yang terdapat pada kurikulum madrasah sesuai dengan panduan BNSP yang meliputi 3 aspek penilaian yaitu; aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik yang meliputi 7 (tujuh) jenis kecerdasan yaitu; kecerdasan linguistik, kecerdasan logis matematik, kecerdasan visual spasial, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis, kecerdasan eksistensial. Yang diimplementasikan melalui kegiatan belajar dalam kelas seperti; penyampaian materi, diskusi, tanya jawab, ujian lisan dan ujian praktek. Kegiatan pendukung pengembangan kecerdasan ganda di MAN 1 Mojokerto dapat dilakukan pada kegiatan ekstrakulilkuler di sekolah untuk mengembangkan jenis-jenis kecerdasan tertentu, seperti; kecerdasan musical yang dapat dikembangkan melaui ekstrakulikuler drumband atau paduan suara dan kecerdasan kinertik-jasmani yang dapat dikembangkan melalui kegiatan ekstrakulikuler PBB atau Pelatihan Baris Berbaris atau volly. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat 7 (tujuh) kecerdasan pokok yang menjadi fokus utama pengembangan kecerdasan di MAN 1 Mojokerto, hal ini didasakan pada standard penilaian yang menjadi acuan dalam kurikulum madrasah dan standard penilaian madrasah. Kata kunci : Multiple Intelligence, Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Setiawan Agus
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:35
Last Modified: 21 Mar 2024 06:35
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5060

Actions (login required)

View Item View Item