Rosanti, Dwi Arif, 52006150003 and Anjariyah, Deka, 0712088901 and Feriyanto, Feriyanto, 0725059001 (2024) ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DITINJAU DARI PERSEPSI TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (697kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (386kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Rosanti, Dwi Arif. 2024. Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Soal Cerita Berbasis Kearifan Lokal Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Pelajaran Matematika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidkan, Universitas Islam Majapahit, Pembimbing (1) Dr. Deka Anjariyah, S.SI., M.Pd., dan Pembimbing II Feriyanto, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan persepsi positif dan persepsi negative terhadap mata pelajaran matematika dalam menyelesaikan soal cerita berbasis kearifan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di kelas VII-G SMP Negeri 1 Mojosari. Subjek Penelitian yang dipilih berdasarkan angket persepsi terhadap pelajaran matematika berjumlah 30 butir pernyataan, dan mempertimbangkan kemmapuan matematika setara serta kemampuan komunikasi sehingga diperoleh satu siswa dengan persepsi positif dan satu siswa dengan persepsi negatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis (TKBK) dan wawancara. Data yang didapat dianalisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, Overview). Hasil dari penelitian ini kemampuan berpikir kritis subjek dengan kategori persepsi positif pada indikator (Focus) memahami masalah pada soal yang ditunjukkan dengan menyebutkan informasi yang lengkap, (Reason) mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah dengan menyebutkan strategi permasalahan disertai alasan yang tepat, (Inference) membuat dan menyebutkan kesimpulan yang tepat, (Situation) menggunakan seluruh informasi sesuai dengan permasalahan untuk menyelesaikan soal, (Clarity) siswa menjelaskan dan memberikan alasan maksud dari kesimpulan yang telah dibuat, (Overview) memeriksa kembali hasil penyelesaian masalah dengan tepat. Subjek dengan kategori persepsi negatif pada indikator (Focus) memahami masalah pada soal yang ditunjukkan dengan menyebutkan informasi yang lengkap, (Reason) mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah dengan menyebutkan strategi permasalahan dan alasan yang tepat, (Inference) membuat dan menyebutkan kesimpulan yang tepat, (Situation) menggunakan seluruh informasi sesuai dengan permasalahan pada menyelesaikan soal tetapi hasil perhitungannya salah, (Clarity) menjelaskan dan memberikan alasan maksud dari kesimpulan yang telah dibuat, (Overview) memeriksa kembali hasil penyelesaian masalah kurang tepat sehingga hasilnya salah. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Soal Cerita Berbasis Kearifan Lokal, Persepsi
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Soal Cerita Berbasis Kearifan Lokal, Persepsi |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | Rosanti Dwi Arif |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 03:20 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 03:20 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5097 |
Actions (login required)
View Item |