Kurniawan, Achmad Diky, 52003050032 and Dewi, Ratnaningrum Zusyana, 0726116802 and Lailin, Moch. Ichdah A.H, 0708087102 (2024) DIFERENSIASI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PRODUK INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH (IPAL) CV. MUJI PERKASA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Meningkatnya jumlah limbah cair yang berasal dari sektor industri dan rumah tangga telah berdampak signifikan terhadap permintaan air bersih. Jumlah limbah cair yang masih tinggi berdampak pada recovery lingkungan yang lambat sehingga merusak lingkungan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Laporan Kinerja Direktorat Pengendalian Pencemaran Air 2023. Pencemaran lingkungan akibat limbah cair masih banyak terjadi, dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah belum mencapai target yang diharapkan. Oleh karena itu dibutuhkannya alat yang dapat mengolah limbah cair supaya dapat memperbaiki lingkungan dari pengolahan air limbah ini. Dalam pengolahannya sendiri limbah cair dapat diolah dengan alat atau sarana yang disebut IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah). IPAL adalah suatu sarana yang digunakan untuk mengolah air limbah menjadi air bersih sebelum di buang kelingkungan. IPAL merupakan produk yang tidak biasa, memiliki bentuk serta nilai harga yang tinggi. Oleh sebab itu penelitian ini akan lebih mengacu pada apa saja diferensiasi komunikasi pemasaran pada produk IPAL. Penelitian ini menggunakan objek penelitian pada perusahaan penyedia produk dan pelayanan IPAL CV. Muji Perkasa. Karena CV. Muji Perkasa merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan air limbah dan dirasa memiliki differensiasi komunikasi pemasaran pada produk IPALnya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yang menggambarkan serta menjelaskan situasi atau kejadian tanpa menguji hipotesis, atau membuat prediksi. Dalam penelitian ini menggunakan teori bauran komunikasi pemasaran 7p dalam memaparkan terkait apa saja yang menjadi diferensiasi produk. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terkait diferensiasi komunikasi pemasaran pada produk IPAL CV. Muji Perkasa ialah promosi, dan partisipan dari unsur bauran komunikasi pemasaran 7p. Dalam unsur promosi ini CV. Muji Perkasa memiliki diferensiasi dari produk lain karena promosi yang dilakukan tertuju pada konsultan perusahaan. Kemudian pada unsur partisipan, CV. Muji Perkasa melatih sendiri tim teknisinya supaya dapat memberikan pelayanan yang terbaik pada konsumennya.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | limbah cair, IPAL, diferensiasi, komunikasi pemasaran 7p |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Communication Sciences |
Depositing User: | Kurniawan Achmad Diky |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 07:43 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 07:43 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5267 |
Actions (login required)
View Item |