Strategi Penguatan (Reinforcment) Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Prambon Sidoarjo

Nurkhafidha, Afidha/ 52005120018 and Rozi,Syaikhu, Syaikhu, 0716018307 and Ainul Yaqin, M.Pd.I, 0706017402 (2024) Strategi Penguatan (Reinforcment) Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Prambon Sidoarjo. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Nurkhafidha, 2024. Strategi Pengatan (Reinforcment) Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Prambon Sidoarjo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I : Syaikhu Rozi, M.Pd.I. Pembimbing II : Dr. Ainul Yaqin, M.Pd.I Mengingat pendidikan merupakan salah satu aspek penting bagi pembangunan suatu negara, maka pendidikan menjadi aspek yang sangat penting untuk diperhatikan dan menjadi prioritas utama untuk dibahas dan ditingkatkan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Minat terhadap pembelajaran yang mendidik sangat diperlukan untuk menciptakan proses belajar mengajar yang baik. Guru memberikan penguatan dapat menjadi salah satu alternatif strategi yang dapat digunakan lembaga pendidikan untuk mengatasi permasalahan minat belajar. Penelitian ini dilakukan untuk: (1) Menjelaskan minat belajar yang ada pada siswa di SMP Negri 1 Prambon.(2) Mendeskripsikan bentuk strategi penguatan yang digunakan oleh guru SMP Negri 1 Prambon Sidoarjo. Penelitian ini menerapkan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket terbuka, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik triangulasi, metode dan sumber digunakan untuk memeriksa keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negri 1 Prambon cukup tinggi. Dalam hal ini sebagian besar minat yang ada merupakan minat intrinsik, atau jenis minat yang disebabkan oleh faktor internal. (2) Bentuk strategi penguatan yang digunakan guru meliputi strategi penguatan verbal dan nonverbal. Penguatan verbal dapat diartikan sebagai penguatan melalui kata-kata maupun kalimat membangun sedangkan penguatan nonverbal dengan ekspresi wajah atau gerakan tubuh. atau umpan balik perilaku yang diberikan guru kepada siswa. Kedepannya sekolah diharapkan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk meningkatkan situasi belajar mengajar. Kedepannya diharapkan guru spesialis pendidikan agama Islam dituntut untuk mengoptimalkan pemberian penguatan dengan siswa agar hasil pembelajaran dapat maksimal. Penguatan yang diberikan harus tepat sasaran dan konsisten. Kata Kunci : Minat Belajar, Strategi Penguatan (Reinforcment).

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Minat Belajar, Strategi Penguatan (Reinforcment).
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: NURKHAFIDH
Date Deposited: 19 Sep 2024 01:00
Last Modified: 19 Sep 2024 01:00
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5559

Actions (login required)

View Item View Item