ANALISIS KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTs DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Ayuningsih, Siti Cicik, 51506150024 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 and Putri, Rizki Oktaviana Eko, 0703108801 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTs DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER. Bachelor thesis, universitas islam majapahit.

[img] Text
Cover dan Halaman Judul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan disposisi matematis siswa MTs dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari perbedaan gender.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Dawarblandong. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Pemilihan subjek dilihat dari kemampuan matematika yang setara dan komunikatif. Instrumen penelitian terdiri dari Tes Penyelesaian Masalah (TPM) dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: subjek laki-laki memiliki percaya diri terhadap kemampuan atau keyakinan, menyebutkan beberapa rasa ingin tahu, menyatakan tujuan, dapat memahami permasalahan, yakin dengan yang dipahami dan penyelesaiannya,menyatakan strateginya dan yakin dengan strategi yang dilakukan.Subjek mampu mengkomunikasikan ide – ide dalam menyelesaikan suatu masalah matematika. Dalam menyelesaikan suatu masalah matematika yaitu dengan tidak mudah putus asa dalam memecahkan masalah meskipun terdapat kesulitan dan dapat mengatasi kesulitan dengan baik dan dapat ide – ide dalam menyelesaikan masalahnya. Subjek yakin akan kemampuan diri yang dimiliki dalam menyelesaikan masalah matematika dengan menjelaskan dan yakin dengan cara yang digunakan. Subjek menyikapi situasi dan kondisi yang beragam dengan cara yang baik dan positif dalam menyelesaikan masalah matematika dengan berusaha, merasa percaya diri, dan tidak merasa yakin dalam menyelesaikan permasalahan.Sedangkan subjek perempuan memiliki pandangan yang keyakinannya menyebutkan beberapa rasa ingin tahu, menyatakan tujuan, dapat memahami permasalahan, yakin dengan yang dipahami dan penyelesaiannya,menyatakan strateginya dan yakin dengan strategi yang dilakukan. Subjek gigih dalam memecahkan masalah matematika dengan sedikit merasa kesulitan dan tidak merasa putus asa. Subjek yakin akan kemampuan diri yang dimiliki dalam memecahkan masalah matematika dengan menjelaskan dan yakin dengan cara yang digunakan.Subjek menyikapi situasi dan kondisi yang beragam dengan cara yang baik dan positif dalam menyelesaikan masalah matematika dengan merasakurang sedikit faham terhadap masalah, dalam menyelesaikan permasalahan.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan disposisi, SPLDV, Perbedaan Gender
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Siti Cicik Ayuningsih
Date Deposited: 16 Jun 2020 21:22
Last Modified: 16 Jun 2020 21:22
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/569

Actions (login required)

View Item View Item