PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI EDUKATIF SISWA DENGAN GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MOJOKERTO

Widiyana, Fida Lathifatul, 52005120007 and Rozi, Syaikhu, 0716018307 and Rohmad, Muhammad Ali, 0725108601 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI EDUKATIF SISWA DENGAN GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mengubah lanskap sosial, khususnya dalam hal berinteraksi antar manusia. Penggunaan gadget semakin marak, terutama di kalangan pelajar memunculkan kekhawatiran baru mengenai dampaknya terhadap proses pembelajaran dan hubungan sosialnya. Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh penggunaan gadget terhadap interaksi edukatif siswa dengan guru di MAN 1 Mojokerto. Penelitian bertujuan : 1. mendeksripsikan penggunaan gadget siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto, 2. mengidentifikasi interaksi edukatif siswa dengan guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto, dan 3. mengukur pengaruh penggunaan gadget terhadap interaksi edukatif siswa dengan guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode koresional. Data dianalisis mempergunakan teknik statistik analisis deskriptif dan teknik inferensial yang mencakup uji normalitas,lineritas, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian mengindikasikan : 1. penggunaan gadget siswa MAN 1 Mojokerto terklasifikasikan sedang. Hal tersebut, dapat ditilik dari rerata nilai penggunaan gadget oleh siswa yakni 72 yang berada dalam rentang nilai sedang atau 47-73, 2. Interaksi siswa dengan guru MAN 1 Mojokerto terklasifikasikan tinggi. Hal tersebut, dapat ditilik dari rerata nilai interaksi edukatif siswa yakni 77 yang berada dalam rentang nilai tinggi atau 74-100. dan 3. kedua variabel memiliki korelasi yang positif atau mengarah pada satu arah dengan harga konstan bernilai 52,835 dan harga arah koefisien regresi bernilai 0,336. Namun, korelasi diantara kedua variabel terklasifikasi lemah dengan besaran korelasi 0,273 yang berada pada rentang nilai rendah atau 0,20<KK≤0,40. Penggunaan gadget berkontribusi sebesar 0,071 atau 7,1% terhadap variabel interaksi edukatif siswa dengan guru. Sedangkan Variasi yang tersisa sebanyak 92,9% kemungkinan besar interaksi edukatif siswa dengan guru dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diidentifikasi dalam penelitian. Dengan demikian, hasil data mendukung adanya hipotesis alternatif atau Ha dan menolak hipotesis nihil atau H0.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Teknologi Digital, Penggunaan Gadget, Interaksi Edukatif Siswa Dengan Guru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: WIDIYANA FIDA LATHIFATUL
Date Deposited: 30 Sep 2024 01:42
Last Modified: 30 Sep 2024 01:42
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5797

Actions (login required)

View Item View Item