PENGARUH WORD OF MOUTH DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONVEKSI SABLON MAJAPAHIT DI MOJOKERTO

Dewi, Kartika Laila, 51802030041 and Hidayat, M. Syamsul, 0721057003 and Kasnowo, 0713038505 (2025) PENGARUH WORD OF MOUTH DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONVEKSI SABLON MAJAPAHIT DI MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Cover-Abstrak-Daftar Isi Kartika....pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img]
Preview
Text
BAB I Kartika.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB II Kartika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB III Kartika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB IV Kartika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img]
Preview
Text
BAB V Kartika.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Kartika.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN Kartika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh word of mouth dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Konveksi Sablon Majapahit di Mojokerto. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan di industri konveksi yang menuntut perusahaan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi perilaku pembelian konsumen. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner online kepada konsumen yang pernah melakukan pemesanan di konveksi tersebut. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Data yang terkumpul dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik word of mouth maupun lokasi berpengaruh signifikan secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian konsumen. Di antara kedua variabel, lokasi terbukti memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan word of mouth. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,785 mengindikasikan bahwa 78,5% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen tersebut, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian ini. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi praktis bagi pelaku usaha konveksi dalam merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif, terutama dengan mempertimbangkan kemudahan akses lokasi dan penguatan strategi komunikasi mulut ke mulut.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Word of Mouth, Lokasi, Keputusan Pembelian
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Faculty of Economics > Management
Depositing User: Dewi Kartika Laila
Date Deposited: 28 Jul 2025 02:10
Last Modified: 28 Jul 2025 02:10
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5834

Available Versions of this Item

  • PENGARUH WORD OF MOUTH DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONVEKSI SABLON MAJAPAHIT DI MOJOKERTO. (deposited 28 Jul 2025 02:10) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item