Nur Hidayah, Niindy Lulu, 52103060012 and Wijaya, Dian, 0702017802 and Suprapto, Suprapto, 0720029301 (2025) IMPLEMENTASI LAYANAN PENGADUAN WEBSITE DAMAR MOJO PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN MOJOKERTO TAHUN 2025. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (153kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya layanan pengaduan publik yang efektif dalam meningkatkan interaksi antara pemerintah dan masyarakat, khususnya melalui platform digital. Website Damar Mojo yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mojokerto diharapkan dapat menjadi sarana yang efisien untuk menyampaikan aduan masyarakat salah satunya terkait masalah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis implementasi layanan pengaduan melalui Website Damar Mojo serta dampaknya terhadap Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Implementasi Kebijakan George Edward III. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai implementasi dan dampak layanan pengaduan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Website Damar Mojo berperan sebagai kanal pengaduan yang memfasilitasi interaksi dua arah antara pemerintah dan masyarakat. Integrasi dengan sistem nasional SP4N-LAPOR! memperkuat koordinasi antar instansi. Implementasi layanan pengaduan pada Dinas Lingkungan Hidup penggunaan layanan digital masih bersifat multi-channel dengan saluran lain seperti surat dan telepon tetap digunakan. Faktor birokrasi yang terstruktur, SOP yang jelas, dan pelatihan admin menjadi pendukung utama keberhasilan implementasi.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kebijakan, Layanan Pengaduan, Website Damar Mojo, SP4N-LAPOR! |
Subjects: | J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Government Studies |
Depositing User: | Hidayah Nindy Lulu Nur |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 07:57 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 07:57 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |