AKTUALISASI DIRI DAN PENERIMAAN DIRI DALAM NOVEL LUKA CITA KARYA VALERIE PATKAR DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN

Anggrestia, Nada Vanca, 52106130009 and Afkar, Taswirul, 0726018705 and Hermawan, Wawan, 0717098801 (2025) AKTUALISASI DIRI DAN PENERIMAAN DIRI DALAM NOVEL LUKA CITA KARYA VALERIE PATKAR DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang mengkaji tentang bentuk aktualisasi diri dan penerimaan diri dalam novel Luka Cita Karya Valerie Patkar dengan kajian psikologi Carl Rogers serta relevansinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MA. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan bentuk aktualisasi diri dalam novel Luka Cita karya Valerie Patkar berdasarkan pendekatan psikologi humanistik Carl Rogers; (2) mendeskripsikan bentuk penerimaan diri dalam novel Luka Cita karya Valerie Patkar berdasarkan pendekatan psikologi humanistik Carl Rogers; dan (3) mendeskripsikan relevansi novel Luka Cita karya Valerie Patkar terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di MA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber utama dalam penelitian ini yaitu Novel Luka Cita karya Valerie Patkar. Teknik pengumpulan dilakukan dengan teknik baca-catat dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk aktualisasi diri yang terdapat dalam novel mencakup tiga aspek utama. Pertama, keterbukaan terhadap pengalaman berupa keterbukaan terhadap tindakan, ide, nilai, estetika, dan perasaan. Kedua, kehidupan eksistensial berupa hidup dalam momen kini, fleksibilitas dalam menanggapi pengalaman, dan menemukan makna dari setiap pengalaman. Ketiga, kepercayaan terhadap organisme berupa intuisi afirmatori, antisipatori, dan konklusif. Adapun implikasi dari bentuk aktualisasi diri tersebut meliputi kebebasan eksistensial, kreativitas, kejujuran mendasar pada sifat manusia, dan intensitas hidup yang semakin besar. Bentuk penerimaan diri dalam novel ini ditunjukkan melalui penerimaan diri secara utuh, penghargaan positif tanpa syarat, dan kongruensi. Novel ini memiliki relevansi dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di MA, khususnya pada Kompetensi Dasar 3.9.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: aktualisasi diri, penerimaan diri, novel, relevansi
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Anggrestia Nada Vanca
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:53
Last Modified: 13 Aug 2025 06:53
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5913

Actions (login required)

View Item View Item