IMPLEMENTASI MULTI METODE PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN MOJOKERTO

Anjallina, Alfiyatun Nikmah, 52105120005 and Yaqin, Ainul, 0706017402 and Rohmad, Muhammad Ali, 0725108601 (2025) IMPLEMENTASI MULTI METODE PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DI KABUPATEN MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB1.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text
BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text
BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB5.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Akidah Akhlak memiliki peranan yang sangat strategis dalam membentuk kepribadian dan karakter peserta didik. Melalui mata pelajaran ini, peserta didik tidak hanya diajarkan aspek keilmuan keagamaan, tetapi juga ditanamkan nilai-nilai moral dan akhlak mulia sebagai bagian dari implementasi ajaranp pendidikan islam dalam kehidupan sehari-hari. Namun proses pembelajaran Akidah Akhlak masih menghadapi berbagai kendala, sering kali kurang diminati karena penyampaian materi masih cenderung monoton dan kurang bervariasi. Berdasarkan kenyataan tersebut, diperlukan inovasi dalam strategi pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan multi metode pembelajaran yang menggabungkan berbagai pendekatan agar pembelajaran lebih dinamis, interaktif, dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji alasan guru dalam menentukan metode pembelajaran serta mengevaluasi efektivitas penggunaan multi metode dalam pengajaran Akidah Akhlak di jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) wilayah Kabupaten Mojokerto tepatnya wilayah KKM-4 yang meliputi Lembaga MTsN 4 Mojokerto, MTs Hasanuddin Dawarblandong, MTs Roudlotun Nasyiin Kemlagi, MTs Manbaul Ulum Kemlagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan siswa kelas VII yang tergabung dalam KKM MTsN 4 Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan multi metode dalam pembelajaran Akidah Akhlak telah dilaksanakan dengan memadukan berbagai metode antara lain ceramah, praktik, game-based learning, diskusi, resitasi, hafalan, tugas proyek, tanya jawab, mind mapping, reward-punishment. Dengan didasarkan pada sejumlah pertimbangan, seperti isi materi, tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, karakteristik peserta didik, kesiapan dan kemampuan guru, fasilitas pendukung, waktu pembelajaran serta kondisi kelas. Keefektivitasan dari penerapan multi metode ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan peserta didik, patisipasi aktif, semangat belajar, meningkatkan motivasi, dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Penerapan multi metode dalam pembelajaran Akidah Akhlak memberikan dampak positif terhadap antusiasme dan keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran. Peserta didik juga menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap materi, karena mereka terlibat secara aktif dalam berbagai aktivitas belajar. Di samping itu, penggunaan multi metode dapat mengakomodasi gaya belajar siswa yang berbeda-beda dan membantu membangun suasana kelas yang lebih komunikatif dan interaktif.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak, Multi Metode, Efektivitas Pembelajaran
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Anjallina Alfiyatun Nikmah
Date Deposited: 14 Aug 2025 05:15
Last Modified: 14 Aug 2025 05:15
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5956

Actions (login required)

View Item View Item