STRATEGI BRANDING HUMAS MUSEUM ISLAM INDONESIA K.H. HASYIM ASY’ARI JOMBANG DALAM MENGEMBANGKAN IDENTITAS DAN NARASI ISLAM DI INDONESIA

Iktikafia, Lungita Elok, 52103050017 and Ramadhani, Rakhmad Saiful, 0724087703 and Lailiyah, Fatihatul, 0727067602 (2025) STRATEGI BRANDING HUMAS MUSEUM ISLAM INDONESIA K.H. HASYIM ASY’ARI JOMBANG DALAM MENGEMBANGKAN IDENTITAS DAN NARASI ISLAM DI INDONESIA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK - LUNGITA ELOK IKTIKAFIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I - LUNGITA ELOK IKTIKAFIA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
BAB II - LUNGITA ELOK IKTIKAFIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III - LUNGITA ELOK IKTIKAFIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV - LUNGITA ELOK IKTIKAFIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V - LUNGITA ELOK IKTIKAFIA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN - LUNGITA ELOK IKTIKAFIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy

Abstract

Museum dalam perspektif masyarakat merupakan tempat yang memiliki nuansa kuno dan menyeramkan, sehingga kurang diminati. Di sinilah pentingnya media edukatif dan representatif yang dapat merubah perspektif tersebut. Salah satu museum yang ingin untuk merubah stigma tersebut sekaligus sebagai media penyampai identitas dan narasi Islam Indonesia adalah Museum Islam Indonesia K. H Hasyim Asy’ari Jombang. Museum sering dianggap sebagai media edukasi, belum banyak yang melihat museum sebagai media penguatan identitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi branding yang diterapkan oleh Humas Museum Islam Indonesia K. H Hasyim Asy’ari dalam mengembangkan identitas dan narasi keislaman yang di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi brand Sicco Van Gelder 2005. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak kegiatan dan juga aspek lain yang ditujukan sebagai strategi branding, yang dilaksanakan oleh Humas secara konsisten mendukung terbentuknya identitas dan narasi Islam Indonesia. Branding tersebut mencakup teknik arsitektur bangunan, pemanfaatan media sosial, dan 11 kegiatan meliputi, Anjangsana Museum, Bioskop Ramadhan, Bedah Buku, Dialog Kebangsaan, Hari Santri, Bulan Gus Dur, Gebyar Ramadhan, Pelatihan Al Quran Braille, Konferensi Pemikiran Islam, Bedah Film, dan Ngaji Sejarah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi branding Humas MINHA mampu membentuk citra museum yang relevan dengan perkembangan zaman, sekaligus memperkuat identitas dan narasi keislaman di Indonesia.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi Branding, Humas, MINHA, Islam Indonesia
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Communication Sciences
Depositing User: Iktikafia Lungita Elok
Date Deposited: 15 Aug 2025 06:33
Last Modified: 15 Aug 2025 06:33
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6006

Actions (login required)

View Item View Item