ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA MTs DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL MATERI ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Putri, Amanda Zalsabella, 52106150002 and Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704 and Feriyanto, 0725059001 (2025) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA MTs DALAM MENYELESAIKAN SOAL KONTEKSTUAL MATERI ARITMETIKA SOSIAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5 DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa MTs dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi aritmetika sosial ditinjau dari kemampuan matematika, serta melakukan triangulasi data untuk memperoleh gambaran yang lebih valid dan mendalam mengenai kemampuan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek tiga siswa kelas VII yang dipilih berdasarkan kategori kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan numerasi dan pedoman wawancara yang telah divalidasi. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi menggunakan bilangan dan lambang matematika dengan tepat, menganalisis informasi dari tabel, serta menginterpretasikan hasil analisis dengan baik. Siswa dengan kemampuan matematika sedang menunjukkan pemahaman yang cukup tetapi belum konsisten dalam menyelesaikan soal, sedangkan siswa dengan kemampuan matematika rendah mengalami kesulitan dalam menggunakan bilangan dan memahami konteks soal.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerasi, Soal Kontekstual, Aritmetika Sosial, Kemampuan Matematika
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Putri Amanda Zalsabella
Date Deposited: 15 Aug 2025 07:43
Last Modified: 15 Aug 2025 07:43
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6026

Actions (login required)

View Item View Item