PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA EKSTRAKURIKULER TAHFIDZUL QUR'AN SISWA SMPN 2 KEMLAGI MOJOKERTO

Istikhoma, Wahyu, 52105120028 and Rohmad, Muhammad Ali, 0725108601 and Wachidah, Hajar Nurma, 0716078803 (2025) PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA EKSTRAKURIKULER TAHFIDZUL QUR'AN SISWA SMPN 2 KEMLAGI MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan tidak hanya berfokus pada aspek akademik, tetapi juga memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan nilai moral peserta didik. Salah satu bentuk Pendidikan karakter dalam bidang keagamaan diwujudkan melalui kegiatan Ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an. Namun, pelaksanaan kegiatan ini di SMPN 2 Kemlagi masih mengalami beberapa hambatan seperti metode pembelajaran yang monoton dan ketidaksesuaian antara minat serta kemampuan siswa dalam menghafal. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam Ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan analisa mendalam, hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi telah dilaksanakan secara efektif, dengan menyesuaikan strategi pengajaran berdasarkan kesiapan, minat dan gaya belajar siswa. Guru menerapkan strategi diferensiasi konten, proses dan produk secara fleksibel. Faktor pendukung keberhasilan meliputi pemetaan siswa, fasilitas yang memadai, dan dukungan dari lingkungan sekolah maupun orang tua. Sementara itu, hambatan yang muncul mencakup keterbatasan waktu, perbedaan kemampuan dan kurangnya motivasi dari sebagian siswa.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Ekstrakurikuler, Tahfidzul Qur’an
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Istikhoma Wahyu
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:44
Last Modified: 19 Aug 2025 01:44
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6068

Actions (login required)

View Item View Item