Wulandari, Maulidiyah Nur, 52105120016 and Ali Rohmad, Muhammad,0725108601 and Yaqin, Ainul, 0706017402 (2025) Pembentukan Karakter Siswa Warga Era Society 5.0 melalui Pembelajaran Pendidkan Agama Islam (PAI) di SMA 1 Tarik. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
![]() |
Text
halaman depan .pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (281kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II, btl.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAK1.pdf Download (107kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berawal dari kebutuhan mendesak untuk memperkuat karakter peserta didik agar siap menghadapi tantangan di Era Society 5. 0, yang merupakan periode di mana teknologi canggih dan nilai kemanusiaan saling berhubungan. Pendidikan Agama Islam (PAI) yang merupakan elemen penting dalam kurikulum diharapkan dapat menjadi landasan untuk membentuk siswa yang tidak hanya pintar secara digital, tetapi juga berperilaku baik. Walaupun banyak penelitian sebelumnya telah mengulas pendidikan karakter dan literasi digital secara terpisah, studi yang menghubungkan pembelajaran PAI dengan kesiapan karakter siswa di Era Society 5. 0 masih sangat sedikit. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan nilai-nilai karakter yang dibutuhkan oleh siswa serta mengkaji metode yang digunakan oleh guru PAI dalam membangun karakter tersebut di SMA Negeri 1 Tarik. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, pengamatan langsung, dan pengumpulan dokumen. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Tarik telah mengaitkan nilai-nilai serta teknologi, seperti pemanfaatan media digital Islami, metode kolaboratif dalam pembelajaran, dan program kewirausahaan yang berbasis digital. Nilai-nilai karakter seperti tanggung jawab, etika digital, empati, kemandirian, serta spiritualitas diperkuat melalui kegiatan yang diatur dengan baik. Temuan ini menunjukkan bahwa PAI memiliki peran yang signifikan dalam membentuk karakter yang adaptif, kritis, dan kompetitif di tengah kemajuan teknologi. Namun, batasan dari penelitian ini adalah fokusnya hanya pada satu sekolah dan belum ada pengukuran tentang efektivitas jangka panjang dari metode yang diterapkan. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan melibatkan lebih banyak sekolah dan menggunakan pendekatan kuantitatif guna menilai dampak pembelajaran PAI terhadap karakter siswa dengan cara yang lebih objektif dan dapat digeneralisasi. Selain itu, diperlukan pelatihan terstruktur bagi guru PAI mengenai integrasi teknologi dan pendidikan karakter agar tercipta pengalaman belajar yang relevan dan transformatif dalam menghadapi perubahan di Era Society 5. 0
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam(PAI),Karakter siswa ,Sosiety 5.0, Teknologi, Etika Digital |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | Wulandari Maulidiyah Nur |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 02:19 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 02:19 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |