Rosadha, Sefira Amelia, 52106130013 and Afkar, Taswirul, 0726018705 and Fatoni, Akhmad,0729028801 (2025) BENTUK KEPRIBADIAN CARL ROGERS DAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL CINTA DALAM IKHLAS KARYA ABAY ADHITYA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
![]() |
Text
bab cover sepiraaa.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (295kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk kepribadian tokoh utama dalam novel Cinta Dalam Ikhlas karya Abay Adhitya berdasarkan teori psikologi humanistik Carl Rogers, serta mengidentifikasi pendidikan karakter berdasarkan konsep Thomas Lickona. Rumusan penelitian ini yakni bagaimana bentuk konsep self (diri) dalam novel Cinta dalam Ikhlas karya Abay Adhitya? bagaimana bentuk medan fenomenal dalam novel Cinta Dalam Ikhlas karya Abay Adhitya? bagaimana bentuk teori organisme dalam novel Cinta Dalam Ikhlas? bagaimana pendidikan karakter dalam novel Cinta dalam Ikhlas karya Abay Adhitya? Sementara itu, pendekatan pendidikan karakter Thomas Lickona digunakan untuk mengeksplorasi moral seperti kejujuran, tanggung jawab, empati, dan keikhlasan yang terwujud dalam perilaku tokoh. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Data dikumpulkan dalam bentuk kutipan naratif dari novel yang menggambarkan dinamika psikologis dan moral tokoh utama. Hasil dari bentuk kepribadian Carl Rogers dan pendidikan karakter dalam novel Cinta Dalam Ikhlas karya Abay Adhitya terdapat 90 data. Dalam aspek konsep diri (self), ditemukan sebanyak 19 data, ideal self ada 13 data Pada aspek medan fenomenal, ditemukan 18 data. Dalam aspek organisme, terdapat 10 data. Aspek pendidikan karakter menurut Thomas Lickona, ditemukan total 30 data yang terbagi ke dalam tiga dimensi utama, yaitu pengetahuan moral (moral knowing) sebanyak 09 data, perasaan moral (moral feeling) sebanyak 07 data, dan tindakan moral (moral action) sebanyak 14 data. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dalam bentuk kepribadian Carl Rogers dan pendidikan karakter dalam novel Cinta Dalam Ikhlas karya Abay Adhitya memiliki aspek self, medan fenomenal, organisme dan pendidikan karakter. Pembahasan yang paling dominan adalah teori kepribadian Carl Rogers, yang mencakup aspek self, medan fenomenal, dan organisme. Hal ini terlihat dari tiga rumusan masalah yang berfokus pada teori Carl Rogers dari total empat rumusan masalah yang ada, sedangkan pendidikan karakter hanya mendapat satu porsi.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Carl Rogers, Self, Medan Fenomenal, Organisme, Pendidikan Karakter, Thomas Lickona, Psikologi Sastra, Novel Cinta Dalam Ikhlas |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education |
Depositing User: | Rosadha Sefira Amelia |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:43 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 07:43 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/6131 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |