STUDI KELAYAKAN PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN SEKAPUK - UJUNGPANGKAH KABUPATEN GRESIK DITINJAU DARI ASPEK TEKNIK LALU LINTAS DAN PEMBIAYAAN INVESTASI

Yhulandari, Afifa and Rudiyanto, M. Adik and Soewartono, Edhi (2019) STUDI KELAYAKAN PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN SEKAPUK - UJUNGPANGKAH KABUPATEN GRESIK DITINJAU DARI ASPEK TEKNIK LALU LINTAS DAN PEMBIAYAAN INVESTASI. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
1. ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
2. Bab I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
3. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text
4. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
6. Bab V.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu wilayah di Kabupaten Gresik yang berkembang saat ini adalah ruas jalan Sekapuk – Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Kapasitas jalan jalan eksisting adalah 1.649,2 smp/jam dengan derajat kejenuhan (DS) adalah sebesar 0,63, angka tersebut hampir mendekati nilai ambang batas derajat kejenuhan yang diijinkan yakni berdasarkan (MKJI, 1997) Derajat Kejenuhan yang terjadi harus dibawah 0,75 dan perencanaan harus dibawah 0,75.Tingkat pelayanan tingkat pelayanan (Level of Service) jalan eksisting saat ini termasuk dalam kategori C. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kelayakan perencanaan peningkatan jalan Sekapuk – Ujungpangkah Kabupaten Gresik ditinjau dari aspek teknik lalu lintas dan pembiayaan investasi. Metode penelitian yang digunakan adalah with and without (sebelum dan sesudah) direncanakan. Dimana dengan metode tersebut akan dibandingkan kondisi lalu lintas dengan menggunakan indikator Derajat Kejenuhan (DS), dan Tingkat Pelayanan (LoS) sedangkan kelayakan pembiayaan investasi adalah nilai NPV, BCR, dan IRR. Berdasarkan hasil Analisa didapatkan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,43 < 0,75, sedangkan untuk tingkat pelayanan adalah menjadi B sedangkan untukk Analisa pembiayaan investasi diperoleh nilai Benefit Cost Ratio (BCR) 1,495 > 1, Net Present Value (NPV) bernilai positif yakni sebesar Rp. 34.764.824.948, dan Internal Rate of Return (IRR) 10% > 4% (faktor diskonto). Manfaat dari investasi tersebut terbagi menjadi dua yakni penghematan biaya operasi kendaraan didapatkan nilai Rp. 221.474.878.948,08 dan time value saving sebesar Rp. 119.752.623.772,10. Berdasarkan Analisa tersebut maka dinyatakan proyek ini layak secara teknik lalu lintas dan pembiayaan investasi untuk dilaksanakan.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan, Lalu Lintas, Investasi.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering
Depositing User: AFIFA YHULANDARI
Date Deposited: 16 Jun 2020 22:02
Last Modified: 16 Jun 2020 22:02
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item View Item