Devi, Selvi Monica,51506130030 and Suwandana, Engkin,0711038304 and Mardliyah, Asih Andriyati,0719048903 (2019) PENGARUH MINAT BACA DAN KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X-IPA I DI MAN KOTA MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
cover lengkap.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
bab1.pdf Download (83kB) | Preview |
|
Text
bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
||
Text
bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
||
Text
Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
||
|
Text
Bab5.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
Daft pustaka.pdf Download (67kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui adakah pengaruh minat baca dan ketersediaan sumber belajar terhadap prestasi belajar pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X IPA 1 di MAN Kota Mojokerto Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, yang mengacu pada aliran positivism atau suatu kegiatan yang memiliki hasil berupa kesimpulan yang memiliki sifat jelas dan pasti. Pada umumnya, penelitian ini dilakukan dengan pembuktian dari hipotesis yang telah ditentukan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca dan ketersediaan sumber belajar terhadap prestasi belajar pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X di MAN Kota Mojokerto Tahun Pelajaran 2018-2019. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Hasil uji – t antara minat baca terhadap prestasi belajar mendapatkan t hitung = 6.769 > t tabel = 1.687 dan sig. 0.001 < α = 0.05. 2) Hasil uji – t antara ketersediaan sumber belajar terhadap prestasi belajar mendapatkan t hitung = 5.121 > t tabel = 1.687 dan sig. 0.002 < α = 0.05. Dengan hasil ini maka membuktikan bahwa hipotesis yang menyatakan ketersediaan sumber belajar kerja berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap prestasi belajar. 3) Hasil uji – F antara minat baca dan ketersediaan sumber belajar, berpengaruh signifikan secara simultan terhadap prestasi belajar menghasilkan F hitung = 5.768 > F tabel = 3.25 dan sig. 0.003 < α = 0.05. Dengan hasil ini maka membuktikan hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh simultan minat baca dan ketersediaan sumber belajar terhadap prestasi belajar pada MAN Kota Mojokerto.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Baca, Ketersediaan Sumber Belajar dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education |
Depositing User: | Unnamed user with username 51506130030 |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 21:47 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 21:47 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/805 |
Actions (login required)
View Item |