STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) DAN MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

ningsih, fitria, 51506150011 and anjariyah, deka, 0712088901 and feriyanto, feriyanto, 0725059001 (2019) STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) DAN MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA DAN SEGIEMPAT. Bachelor thesis, universitas islam majapahit.

[img] Text
cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kemampuan penalaran matematika yang mendapat model pembelajaran MMP dan MURDER, dan manakah yag lebih baik dari keduanya serta untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran MMP dan MURDER. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif yang dilaksanakan di SMPN 2 Sooko. Dalam penelitian ini menggunakan sampel kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran MMP dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran MURDER. Instrument penelitian terdiri dari lembar observasi yang digunakan untuk mengamati keterlaksanakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan lembar tes yang digunakan untuk memperoleh data kemampuan penalaran matematika siswa, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan uji statistik kesamaan 2 rata – rata dua pihak dengan uji t. setelah itu uji statistic kesamaan dua rata – rata 1 pihak Berdasarkan hasil penelitian, rata – rata total hasil keterlaksanaan model pembelajaran MMP sebesar 2,835 kategori baik dan rata – rata hasil keterlaksanaan model pembelajaran MURDER sebesar 2,78 kategori baik. Hasil posttest yang menggunakan model pembelajaran MMP diperoleh rata – rata 61,548 sedangkan MURDER hasil posttest yang menggunakan model pembelajaran 51,742. Dari kedua hasil posttest tersebut dilakukan uji kesamaan dua rata – rata 2 pihak dengan menggunakan uji t. diperoleh t’hitung = 2,42 dan ttabel = 2,04 karena -ttabel < thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka terdapat perbedaan rata – rata hasil kemampuan penalaran matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran MMP dan model pembelajaran MURDER. Setelah dilakukan uji kesamaan dua rata – rata dua pihak maka selanjutnya dilakukan uji kesamaan dua rata – rata satu pihak, sehingga diperoleh thitung = 2,42 dan ttabel = 1,70 karena thitung  ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. maka rata – rata kemampuan penalaran matematika siswa dengan menggunakan MMP lebih baik daripada rata – rata kemampuan matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran MURDER.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Studi Komparatif, MMP, MURDER, Kemampuan Penalaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Fitria Ningsih
Date Deposited: 16 Jun 2020 06:30
Last Modified: 16 Jun 2020 06:30
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1116

Actions (login required)

View Item View Item