mubarrid, Muhammad imam,51505120026 and Nizar, Muhammad, 21701004 and zuhri, saifuddin,0713128202 (2019) Upaya Guru PAI Dalam Mengembangkan Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah : Studi Kasus Pengajian Kitab Fathul Qorib di Madrasah Darul Hikmah Mojokerto. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
ABSTRAK & TTD.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
3. BAB I.pdf Download (78kB) | Preview |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
||
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) | Request a copy |
||
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
||
|
Text
7. BAB V.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (34kB) | Preview |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
||
Text
1. COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
Abstract
Aspek metode merupakan inti yang menentukan tercapainya sebuah tujuan kehgiatan, yakni tujuan pembelajaran. Sebagaimana diketahui bahwa metode pembelajaran telah tersedia bermacam – macam jenis, begitu juga dengan metode pembelajaran kitab kuning. Yang bisa dirasa sulit ketika menerapkannya di madrasah umum tanpa adanya upaya – upaya pengembangan metode pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan :1) Untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran kitab kuning di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Mojokerto. 2) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI dalam mengembangkan metode pembelajaran kitb kuning di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Mojokerto. Berdasarkan bentuknya, penelitian ini mencakup jenis penelitian kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisa dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data pemeriksaan sejawat melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Setelah dilakukan analisa mendalam, hasil penelitian menunjukkan : 1) metode yang digunakan diantaranya bandongan, tanya jawab, dan diskusi serta evaluasi. Yang tidak semuanya dilakukan secara bersamaan akan tetapi menyesuaikan situasi, kondisi kelas serta materi yang diajarkan. 2) upaya – upaya yang dilakukan dalam pengembangan metode yaitu : b) merubah pola metode bandongan yang awalnya membuat siswa pasif hanya mendengarkan, Menjadikan siswa juga ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. c) metode diskusi, guru juga mengkombinasikan metode bandongan dengan demonstrasi dan tanya jawab. d) metode tanya jawab yang tidak hanya terjadi antara guru dan siswa melainkan ada juga tanya jawab yang melibatkan antara siswa dengan siswa.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, Upaya Pengembangan |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | Muhammad Imam Mubarrid |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 01:26 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 01:26 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1158 |
Actions (login required)
View Item |