Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Pendekatan RME Berbantu Media Kemasan Bekas terhadap Pemahaman Konsep Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pungging

KUKUH PRASETYO NUGROHO JULIANTO, KUKUH PRASETYO NUGROHO JULIANTO (2019) Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Pendekatan RME Berbantu Media Kemasan Bekas terhadap Pemahaman Konsep Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pungging. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
skripsi+lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Julianto, Kukuh Prasetyo Nugroho.2018, Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Pendekatan RME Berbantu Media Kemasan Bekas terhadap Pemahaman Konsep Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pungging, Jurusan Pendidikan Matematika, fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit. Pembimbing : (1) Deka Anjariyah, S.Si, M.Pd dan (II) Rizky Oktaviana E.P, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif menggunakan pendekatan RME berbantu media kemasan bekas terhadap Pemahaman Konsep Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pungging. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMPN 2 Pungging sebanyak 23 siswa. Keefektifan pada penelitian ini ditinjau dari 4 hal yaitu, 1) pemahaman konsep siswa, 2) pengelolaan pembelajaran guru, 3) aktivitas siswa selama pembelajaran, 4) respon siswa terhadap pembelajaran. Pemahaman konsep siswa diperoleh dari tes yang diberikan setelah pembelajaran, soal tes tersebut mencakup 4 indikator pemahaman konsep yaitu 1) Menyatakan ulang sebuah konsep,2) Mengklasifikasikan objek–objek, 3) Memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, 4) Mampu menerapkan konsep secara algoritma atau mengaplikasikan konsep pada pemecahan masalah, dari tes pemahaman konsep tersebut diperoleh 65,22% siswa lulus dan 34,78% siswa tidak lulus secara klasikal. Pada pengelolaan pembelajaran guru di kelas diperoleh RSP 3,84 dalam kategori sangat baik. Selama proses pembelajaran keaktifan siswa kelas VIII D SMPN 2 Pungging Mojokerto mendapat RSP 3 termasuk dalam kategori aktif.Sedangkan Respon siswa kelas VIII D SMPN 2 Pungging Mojokerto setelah diterapkan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Realistic Mathematic Education berbantu media kemasan bekas memperoleh nilai R 83,62% masuk dalam rentang 75% < x ≤ 100% dengan kategori sangat baik. Karena pemahaman konsep siswa diperoleh 65,22% yang lulus sedangkan kriteria ketuntasan di SMPN 2 Pungging adalah 75% maka pembelajaran kooperatif menggunakan pendekatan RME berbantu media kemasan bekas terhadap pemahaman konsep kubus dan balok siswa kelas VIII SMPN 2 Pungging dinyatakan tidak efektif. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, RME, Kemasan Bekas, Pemahaman Konsep

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, RME, Kemasan Bekas, Pemahaman Konsep
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2019 07:24
Last Modified: 04 Apr 2019 03:16
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item View Item