Feriyanto, 0725059001 and Anjariyah, Deka,0712088901 and Alfiani, Wachida Anggi Putri ,51406150033 (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK MENDUKUNG PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MATERI BANGUN RUANG BERBANTU SOFTWARE CABRI 3D DI MA AL-MUSTHOFA CANGGU-JETIS. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.
|
Text
1,COVER.pdf Download (55kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (46kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
17.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
Text
JURNAL.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk membelajarkan materi bangun ruang jarak titik ke garis berbantu dengan Software Cabri 3D guna mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA MA Al-Musthofa Canggu-Jetis Mojokerto. Dalam penelitian ini terdapat empat jenis instrument yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar soal tes dan lembar angket respon siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan prosedur penelitian pengembangan ADDIE menurut Purwanto (2004) yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA MA Al-Musthofa Canggu-Jetis. Hasil pengembangan dari penelitian ini adalah berupa LKS dengan pendekatan RME untuk mendukung pemahaman konsep matematis siswa yang berbantu Software Cabri 3D yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan dikatakan valid, apabila rata-rata validator menilai valid atau sangat valid menurut aspek-aspek yang telah ditentukan. Lembar Kerja Siswa (LKS) dikatakan praktis jika hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran di kelas menunjukkan kategori baik atau sangat baik. Dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan dikatakan praktis jika validator yang menyatakan bahwa LKS dapat digunakan di lapangan dengan revisi kecil atau tanpa revisi. Sedangakn Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan dinyatakan efektif, dengan kriteria keefektifan berdasarkan ketuntasan indikator pembelajaran setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan LKS, apabila memperoleh presentase ketuntasan secara keseluruhan dengan kriteria ketuntasan baik atau sangat baik dan angket respon siswa bernilai positif.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RME, Pemahaman Konsep, Software Cabri-3D |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | Wachida Anggi Putri Alfiani |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 06:30 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 06:30 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1596 |
Actions (login required)
View Item |