PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI AMDK MENGGUNAKAN PENDEKATAN HEURISTIC PADA CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM

MOCHAMAD ARIF WIBOWO, MOCHAMAD ARIF WIBOWO (2019) PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI AMDK MENGGUNAKAN PENDEKATAN HEURISTIC PADA CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img]
Preview
Text
Jurnal 1.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jurnal 2.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jurnal 3.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jurnal 4.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI AMDK MENGGUNAKAN PENDEKATAN HEURISTIC PADA CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM Mochamad Arif Wibowo Jurusan Teknik Industri, Universitas Islam Majapahit ABSTRAK Penentuan rute kendaraan merupakan salah satu permasalahan yang terjadi pada pendistribusian barang dan produk. Permasalahan seperti ini sering disebut dengan vehicle routing Problem (VRP). Dalam permasalahan penentuan rute ada beberapa karakteristik yang dipertimbangkan antara lain adalah Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). CVRP merupakan salah satu variasi yang paling umum dari masalah VRP, dimana terdapat penambahan kendala berupa kapasitas kendaraan yang homogen (identik). UD.Sulthon merupakan distributor AMDK Mojo Tras. Saat ini, proses pendistribusian produknya dilakukan berdasarkan order dan pengirimannya dilakukan dengan pengalaman sopir. Dalam penelitian ini, diusulkan rancangan rute kendaraan untuk mendistribusikan produk air gallon Mojo Tras menggunakan alogaritma Nearest Neighbour sebagai rute awal dan rute tersebut akan dilakukan perbandingan dengan metode Nearest Insertion dan Farthest Insertion dengan tujuan mendapatkan urutan rute yang terpendek serta jarak tempuh paling minimal. Hasil dari penelitian ini didapatkan 4 rute dengan jarak tempuh minimal, yaitu : kendaraan 1 menggunakan Metode Farthest Insertion Rutenya adalah (0-2-3-4-7-13-0) total jarak 16,7 Km, kendaraan 2 metode Nearest Neighbour Rutenya adalah (0-14-11-10-12-0) total jarak 16,7 Km, kendaraan 3 metode Nearest neighbour Rutenya adalah (0-16-5-1-6-0) total jarak 13,8 Km dan kendaraan 4 metode Nearest Insertion Rutenya adalah (0-9-8-15-0) dengan total jarak 12,3 Km. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan distribusi AMDK di UD.Sulthon. Dan untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan perbandingan dengan pendekatan Metaheuristic, seperti Simulated Annealing, algoritma genetika, Ant Colony Optimization dan Differential Evolution. Kata Kunci : Distribusi, Rute, Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP), Nearest Insertion, Farthest Insertion. Kata Kunci : Metaheuristik, Optimasi, Travelling Salesman Problem (TSP), Particle Swarm Optimization (PSO)

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metaheuristik, Optimasi, Travelling Salesman Problem (TSP), Particle Swarm Optimization (PSO)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2019 03:25
Last Modified: 04 Apr 2019 02:44
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item