ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

suryaningtyas, pradila, 51606150022 and Feriyanto, 0725059001 and Putri, Rizky Oktaviana Eko, 0703108801 (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KRITERIA WATSON DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT.

[img] Text
abtrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari kemampuan matematika dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan kriteria Watson. Penelitian ini merupakan penelitan kepustakaan (library research) dengan menggunakan sumber-sumber sekunder berupa skripsi,jurnal ilmiah. Data-data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan 3 tahap penelitian yakni organize, synthesize dan identify. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada siswa yang berkemampuan matematika tinggi adalah jenis kesalahan prosedur tidak tepat (inappropriate prosedur), kesalahan prosedur tidak tepat (inappropriate prosedur) siswa ini menggunakan cara yang tidak tepat untuk menyelesaikan soal yang diberikan, kesalahan tersebut terjadi dikarenakan siswa tidak mengerti akan maksud yang diberikan dan siswa tidak memahami langkah-langkah dalam menyelesaikan soal tersebut. Sedangkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada siswa yang berkemampuan matematika sedang adalah Kesalahan prosedur tidak tepat (inappropriate prosedur) dan kesalahan manipulasi tidak langsung (undirected manipulation). Pada kesalahan prosedur tidak tepat (inappropriate prosedur) siswa ini menggunakan cara yang tidak tepat untuk menyelesaikan soal yang diberikan, untuk kesalahan manipulasi tidak langsung (undirected manipulation) siswa mendapatkan jawaban tanpa didasari alasan atau menggunakan cara yang tidak logis dalam melakukan penyelesaian dikarenakan siswa terburu-buru dalam mengerjakan. Kemudian jenis kesalahan yang dilakukan siswa pada siswa yang berkemampuan matematika rendah adalah jenis kesalahan manipulasi tidak langsung (undirected manipulation) siswa mendapatkan jawaban tanpa didasari alasan atau menggunakan cara yang tidak logis yang digunakan siswa untuk yang disebabkan karena subjek terburu-buru dalam mengerjakan soal dengan kata lain siswa tidak teliti. (2) Faktor penyebab terjadinya kesalahan berdasarkan kriteria watson yang dilakukan peserta didik dalam penelitian ini diuraikan sebagai berikut pertama, kesalahan data tidak tepat (innappropriate data) penyebab melakukan kesalahan tersebut antara lain siswa kurang teliti dalam menuliskan data pada penyelesaian soal dan siswa salah dalam memasukkan data ke dalam suatu rumus. Kedua, kesalahan prosedur tidak tepat (inappropriate procedure) penyebab melakukan kesalahan tersebut antara lain siswa kurang memahami cara untuk menyelesaikan soal tersebut, siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal tersebut dan Tidak bisa memahami soal yang diberikan. Ketiga, kesalahan data tidak disebutkan (ommited data), penyebab melakukan kesalahan tersebut antara lain kurang lengkap dalam memasukkan data dan siswa kurang teliti dalam menyajikan data. Keempat, kesimpulan tidak disebutkan (ommited conclusion) penyebab melakukan kesalahan tersebut antara lain siswa lupa untuk membuat kesimpulan dan kurang lengkap dalam memasukkan data Kelima, konflik level respon (response level conflict) penyebab melakukan kesalahan tersebut antara lain Kurang teliti dalam menuliskan jawaban siswa kurang memahami maksud dari soal dan Kurang kesiapan yang maksimal dalam menyelesaikan soal. Keenam, manipulasi tidak langsung (undirected manipulation) penyebab melakukan kesalahan tersebut antara lain siswa bingung dalam menyelesaikan soal dan siswa kurang teliti dalam menggunakan cara untuk menyelesaikan soal. Ketujuh, masalah hirarki keterampilan (skills hierarchy problem), penyebab melakukan kesalahan tersebut antara lain Kurang teliti dalam melakukan perhitungan dan kurangnya keterampilan peserta didik mengenai perhitungan. Selain ketujuh kategori di atas (above other) penyebab melakukan kesalahan tersebut antara lain kehabisan waktu untuk menjawab, Bingung cara menjawab soal dan tidak tahu cara menjawab soal sehingga soal tidak mempunyai jawaban.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: kesalahan, kriteria Watson, kemampuan matematika
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Analisis K Pradila Suwarni
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:02
Last Modified: 03 Dec 2020 04:02
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item View Item