Ayu, Khoirun Nisa' I, 51506150013 and Wiyono, Hari Joko, 0704117505 and Imanah, Ulil Nurul, 0711128701 (2020) Analisis Penalaran Analogi Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Islam Majapahit.
|
Text
artikel skripsi.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran analogi siswa kelas X dalam menyelesaikan masalah trigonometri ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas X IPA MA. Raden Paku Wringinanom. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa yang memiliki gaya belajar visual, satu siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan satu siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Instrumen penelitian terdiri dari Tes Penalaran Analogi (TPA) dan pedoman wawancara. Subjek visual, Auditorial, dan kinestetik memiliki penalaran analogi sangat baik karena dapat melalui setiap tahapan penalaran analogi. Dalam tahap encoding (pengkodean) Subjek SV mengidentifikasi informasi dengan mengandaikan apa saja yang diketahui dan ditanyakan dalam soal dalam sebuah segitiga dan yang dicari dilambangkan dengan x. Subjek SA mengidentifikasi informasi dengan mengandaikan apa saja yang diketahui dan ditanyakan dalam soal dalam sebuah segitiga dan yang dicari dilambangkan dengan x. Dan Subjek SK mengidentifikasi informasi dengan mengandaikan apa saja yang diketahui dan ditanyakan dalam soal dalam sebuah segitiga dan yang dicari dilambangkan dengan t. Dalam tahap infering (penyimpulan) subjek SV subjek menentukan pola penyelesaian pada masalah sumber dengan menggunakan rumus perbandingan trigonometri karena subjek merasa bahwa materinya trigonometri, dan yang menggunakan gambar segitiga pada materi tersebut biasanya perbandingan trigonometri. Subjek SA menentukan pola penyelesaian pada masalah sumber dengan menggunakan rumus perbandingan trigonometri karena ada gambar segitiga dalam soal meski kadang terlihat raguragu. Dan subjek SK subjek menentukan pola penyelesaian pada masalah sumber dengan menggunakan rumus perbandingan trigonometri karena biasanya kalau bisa dibentuk segitiga dan salah satu sisinya masih dicari bisa pakai rumus itu. Dalam tahap mapping (pemetaan) subjek SV menggunakan pola penyelesaian masalah sumber untuk menyelesaikan masalah target yakni dengan menggunakan rumus perbandingan trigonometri. Subjek SA menggunakan pola penyelesaian masalah sumber untuk menyelesaikan masalah target yakni dengan menggunakan rumus perbandingan trigonometri. Dan subjek SK mampu menggunakan pola penyelesaian masalah sumber untuk menyelesaikan masalah target yakni dengan menggunakan rumus perbandingan trigonometri.Pada tahap applying (penerapan) subjek SV subjek menentukan jawaban dari masalah target dengan satuan menit. Subjek SA subjek menentukan jawaban dari masalah target dengan satuan detik. Dan subjek SK menentukan jawaban dari masalah target dengan satuan menit.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penalaran analogi, Masalah matematika, Gaya belajar |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | Analisis Ayu Sr |
Date Deposited: | 07 Dec 2020 02:53 |
Last Modified: | 07 Dec 2020 02:53 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/2507 |
Actions (login required)
View Item |