Rate, Sari Fajar, 51603060017 (2020) PENERAPAN GOOD GOVERNANCE PADA PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN GEDEG. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.
Text
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) | Request a copy |
Abstract
Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, menjelaskan mengenai kewajiban pemerintah adalah untuk membangun kepercayaan masyarakat melalui penyelenggaraan pelayanan publik yang baik seiring dengan harapan dan tututan masyarakat. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana Good Governance dalam pelayanan publik diterapkan oleh pemerintah di Kantor Kecamatan Gedeg. Penerapan adalah perbuatan menerapkan. Pemerintahan yang baik atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Good Governance merupakan suatu konsep manajemen pemerintahan yang bertujuan untuk menciptakan kinerja pemerintah yang profesional dan bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Prinsip Good Governance menurut UNDP (United Nation Development Programe), Tahun 1997 diantaranya: a.) Partisipasi; b.) Kepastian Hukum; c.) Transparansi; d.) Daya Tanggap; e.) Berorientasi Pada Kesepakatan; f.) Efektifitas dan Efisiensi; g.) Akuntabilitas; h.) Visi Strategi. Penelitian ini dilakukan di Kantor Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif Kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi yang berarti suatu pengamatan. Wawancara tidak terstruktur yang berarti dimana peneliti tidak menggunakan pedoman wawancara yang telah tersusun secara sistematis dan lengkap untuk pengumpulan datanya. Serta dokumen yang berbentuk tulisan misalnya catatan harian, sejarah kehidupan, ceritera, biografi, peraturan, kebijakan. Dari hasil penelitian mengenai penerapan good governance di Kabupaten Mojokerto khususnya dalam pelayanan publik di Kantor Kecamatan Gedeg bahwasanya dapat dikatakan aparatur pemerintah di Kecamatan Gedeg telah menjalankan 6 (enam) dari 8 (delapan ) prinsip good governance yang berlaku sesuai dengan UNDP (United Nation Development Program). Akan tetapi masih memerlukan suatu evaluasi. Prinsip good governance yang telah berhasil diterapkan oleh pemerintah Kecamatan Gedeg diantaranya, sebagai berikut prinsip partisipasi, aturan hukum, transparansi, daya tanggap, efektivitas dan efisien, serta akuntabilitas. Keberhasilan tersebut juga dapat didorong oleh adanya komitmen dari pemimpin untuk dapat mereformasi birokrasi menjadi lebih baik, kesadaran dari aparatur pegawai untuk berubah menjadi lebih baik dan adanya aturan yang dapat mendukung terselenggaranya good governance.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Good Governance, Metode, Penerapan |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Government Studies |
Depositing User: | Penerapan Fajar Sr |
Date Deposited: | 10 Dec 2020 07:31 |
Last Modified: | 10 Dec 2020 07:31 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/2698 |
Actions (login required)
View Item |