PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISTEM GERAK MANUSIA DAN HEWAN VERTEBRATA BERBASIS ANDROID

RITUAL AYUHAN AWALDI, RITUAL AYUHAN AWALDI (2019) PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISTEM GERAK MANUSIA DAN HEWAN VERTEBRATA BERBASIS ANDROID. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
Laporan TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (802kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Awaldi, Ritual Ayuhan. 2018. Penerapan Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Biologi Sistem Gerak Manusia dan Hewan Vertebrata. Skripsi/Tugas Akhir, Program Studi Teknik informatika, Fakultas Tenik, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I: Ronny M. A., S.Kom., M.Kom. Pembimbing II: Soffa Zahara, S.T., M.T. Perkembangan teknologi telah memasuki segala bidang kehidupan salah satunya di bidang pendidikan. Media pembelajaran di sekolah umumnya masih menggunakan buku sebagai media pembelajaran. Khusunya pada pembelajaran biologi terutama pada materi sistem gerak pada tubuh manusia dan hewan vertebrata, guru hanya bisa menggunakan media buku yang hanya bisa menampilkan gambar 2 dimensi (2D). Bagi peserta didik tentu saja hal tersebut akan terasa membosankan dan kurang menarik pada saat mengikuti pelajaran. Teknologi Augmented Reality yang merupakan teknologi yang cukup berkembang dengan menampilkan objek 3D. Hal itu akan diterapkan pada pembelajaran tentang sistem gerak manusia dan hewan vertebrata. Diharapkan mampu membantu guru dalam mata pelajaran biologi untuk memvisualisasikan sistem gerak tubuh manusia dan hewan vertebrata dalam objek 3D. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi pembelajaran tentang sistem gerak pada manusia dan hewan ini yang ditujukan untuk siswa kelas VIII pada SMPN 1 Kesamben dengan menggunakan teknologi augmented reality. Hasil kuisioner berdasarkan rating scale mayoritas menunjukkan nilai sangat baik, aplikasi juga bisa berjalan dengan baik pada smartphone dengan spesifikasi yang berbeda. Kata Kunci: Augmented Reality, Sistem Gerak, Vertebrata

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Sistem Gerak, Vertebrata
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2019 05:56
Last Modified: 02 Apr 2019 07:16
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item