KAJIAN ETNOLINGUISTIK: TRADISI DEWI SEKAR TANJUNG DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Sevira, Devita Tegar, 51706130009 (2021) KAJIAN ETNOLINGUISTIK: TRADISI DEWI SEKAR TANJUNG DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan prosesi pelaksanaan Tradisi Dewi Sekar Tanjung di Desa Tanjungan Kab. Mojokerto, (2) mendeskripsikan makna kultural istilah-istilah yang terdapat dalam Tradisi Dewi Sekar Tanjung , dan (3) mendeskripsikan nilai pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara, serta (4) mendeskripsikan relevansinya dengan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatifdeskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumen audiovisual berupa video pelaksanaan Tradisi Dewi Sekar Tanjung. Teknik validasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi teori. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Milles Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima prosesi pada pelaksanaan Tradiisi Dewi Sekar Tanjung di Desa Tanjungan. Prosesi diawali dengan pengambilan dan penyatuan air dari tiga sumber, dilanjutkan dengan kirab budaya, prosesi larung sesaji dan pelepasan hewan hidup, serta ditutup dengan pementasan budaya. Ditemukan sembilan istilah-istilah yang memiliki makna seperti istilah slametan yang memiliki makna sebagai bentuk syukur kepada sang pencipta. Tradisi Dewi Sekar Tanjung juga mencermin kan nilai pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara seperti tripantang, trisentra pendidikan, triko, trikon, trijuang, dan trilogi kepemimpinan. Kajian mengenai Tradisi Dewi Sekar Tanjung juga dapat di relevansikan dengan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah yaitu sebagai referensi bahan ajar teks eksposisi pada kelas X semester ganjil.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Tradisi Dewi Sekar Tanjung, Makna istilah, Relevansinya
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Devita Tegar Sevira
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:04
Last Modified: 29 Nov 2021 04:04
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3380

Actions (login required)

View Item View Item