KAJIAN EFEKTIVITAS UNDERPASS MAYJEND SUNGKONO SURABAYA

Arianru, Vedoardo Awang, 51604080045 and Rudiyanto, M. Adik, 0717027402 and Soewartono, Edhi, 0716127001 (2021) KAJIAN EFEKTIVITAS UNDERPASS MAYJEND SUNGKONO SURABAYA. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sebagai satu dari banyak kota besar di Negeri ini, Surabaya tak dapat luput dari masalah kemacetan. Pembangunan infrastrukutur yang tidak sebanding dengan meningkatnya jumlah kendaraan setiap tahunnya, menjadi salah satu penyebab kemacetan di kota pahlawan ini. Bundaran satelit merupakan salah satu titik rawan macet di Surabaya. Wilayah ini telah mengalami beberapa perubahan sebagai upaya untuk mengurai kemacetan. Pada akhir tahun 2018, mulai beroperasinya Overpass pada bundaran tersebut. Namun pada jam-jam tertentu overpass dianggap belum mampu mengurangi kepadatan arus lalu lintas. Oleh karena itu pada pertengahan tahun 2019 telah diresmikan underpass Mayjend Sungkono Surabaya oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Underpass diharapkan mampu memecah kemacetan di Bundaran Satelit, yang mana kawasan Surabaya Barat tersebut sedang berkembang dengan cukup pesat. Berdasarkan kondisi di atas, akan dicoba untuk mengkaji seberapa besar efektivitas underpass Mayjend Sungkono tersebut dalam mengurangi kemacetan pada salah satu titik rawan macet di kota Surabaya ini. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Dari data yang didapatkan dari Dishub Kota Surabaya serta analisis yang telah dilakukan, didapatkan bahwa sebelum pembangunan underpass rata-rata derajat kejenuhan dan kecepatan kendaraan ringan dari setiap titik penilitian masing-masing adalah 0,63 dan 43,2 km/jam. Sedangkan setelah pembangunan underpass adalah 0,52 dan 45,3 km/jam. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa setelah pembangunan underpass, pada setiap titik penelitian rata-rata derajat kejenuhan semakin menurun dan kecepatan semakin meningkat.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Underpass, Rata-Rata Satuan Mobil Penumpang, Nilai Derajat Kejenuhan
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering
Depositing User: Vedoardo Awang Arianru
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:20
Last Modified: 26 Nov 2021 03:20
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3404

Actions (login required)

View Item View Item