ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Islamiyah, Ma'rifatul, 51706150006 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[img] Text
ABSTRAC PRIVATE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I PUBLIC.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
BAB II PRIVATE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III PRIVATE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV PRIVATE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V PUBLIC.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA PUBLIC.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
Lampiran PRIVATE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Islamiyah, Ma’rifatul 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Gaya Belajar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Universitas Islam Majapahit. Pembimbing (I) Rizky Oktaviana E.P., M.Pd., Dan (II) Deka Anjariyah, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Berpikir Reflektif, SPLDV, Gaya Belajar. Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam berpikir reflektif yang masih kurang perlu ditinjau lebih lanjut berdasarkan gaya belajar siswa. Hal ini dikarenakan dengan mengetahui gaya belajar siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir reflektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dak kinestetik kelas VIII SMP pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Mojosari. Pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir reflektif, dan pedoman wawancara. Selurus siswa kelas IX B diidentifikasi gaya belajarnya dengan menggunakan angket gaya belajar. Selanjutnya 3 siswa yang berkemampuan matematika setara dan komunikatif terdiri dari 1 siswa visual, 1 siswa auditorial, dan 1 siswa kinestetik diberikan tes kemampuan berpikir reflektif I dan diwawancarai. Dari hasil tes dan wawancara dilakukan triangulasi waktu dengan memberikan tes kemampuan berpikir reflektif II dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bergaya belajar visual dan auditorial melakukan proses berpikir reflektif, sedangkan siswa kinestetik tidak melakukan proses evaluasi dalam berpikir reflektif.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kemampuan Berpikir Reflektif, SPLDV, Gaya Belajar.
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Ma'rifatul Islamiyah
Date Deposited: 29 Nov 2021 08:04
Last Modified: 29 Nov 2021 08:04
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3451

Actions (login required)

View Item View Item