Sudibyo, Novi Anggraini, 51806150010 and Feriyanto, Feriyanto, 0725059001 and Imanah, Ulil Nurul, 0711128701 (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMK Pada Materi Transformasi Geometri. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
1. ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
2. BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) | Request a copy |
||
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) | Request a copy |
||
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
6. BAB V.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
8. Lampiran.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan multimedia interaktif berbasis android untuk mendukung kemampuan literasi matematis siswa SMK pada materi transformasi geometri. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Subejek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI KI SMK Negeri 1 Mojoanyar terdiri dari 33 siswa yang digunakan untuk memperoleh data kepraktisan dan keefektifan serta ahli media dan ahli materi untuk memperoleh data kevalidan dari multimedia interaktif berbasis android. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan, analisis kepraktisan dan analisis keefektifan. Tahap model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Proses pengembangan dimulai dari tahap analysis yaitu menganalisis permasalahan dalam pembelajaran, analisis karakteristik siswa dana analisis media. Selanjutnya tahap design yaitu merumuskan tujuan pembelajaran, membuat desain multimedia dengan pembuatan flowchart dan story board, menyusun perangkat pengembangan yaitu lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar angket respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar RPP dan lembar soal tes kemampuan literasi matematika. Tahap development yaitu pembuatan produk, penilaian ahli materi dan ahli media, revisi produk. Tahap implementation yaitu melakukan uji coba multimedia ke dalam pembelajaran dengan melakukan observasi keterlaksanaan pembelajaran dan pemberikan angket respon siswa. Tahap terakhir adalah evaluation yaitu pemberian tes kemampuan literasi matematika. Hasil validasi ahli materi didapat jumlah skor rata-rata semua aspek adalah 86,7% sehingga dinyatakan sangat valid. Hasil validasi ahli media didapatkan jumlah skor rata-rata semua aspek adalah 76,9% sehingga dinyatakan valid. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dari pengamat 1 dan pengamat 2 jumlah skor rata-rata semua aspek adalah 74,3% sehingga dinyatakan praktis. Hasil angket respon siswa menunjukan jumlah skor penilaian adalah 63,4% dengan kriteria baik dan diterima secara positif dan hasil tes kemampuan literasi matematika menunjukan kriteria tentuntasan dengan persentase 63,6%. Berdasarkan kriteria keefektifan multimedia interaktif berbasis android dinyatakan efektif. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis android untuk mendukung kemamampuan literasi matematis siswa SMK pada materi transformasi geometri memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Interaktif, Android, Literasi, Transformasi geometri |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education |
Depositing User: | Sudibyo Novi Anggraini |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 07:45 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 07:45 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3903 |
Actions (login required)
View Item |