ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS BERDASARKAN KECERDASAN EMOSIONAL

Rahmawati, Afifah Dwi Heny, 51806150001 and Putri, Rizky Oktaviana Eko, 0703108801 and Anjariyah, Deka, 0712088901 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS BERDASARKAN KECERDASAN EMOSIONAL. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
1. ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
2. BAB 1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
6. BAB 5.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan kecerdasan emosional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di kelas X DG-2 SMKN 1 Mojoanyar. Subjek penelitian terdiri dari 1 siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, 1 siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang, dan 1 siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari angket kecerdasan emosional siswa, tes soal HOTS dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah mengklasifikasikan objek-objek dengan cara melihat hubungan antara dentangan jam pertama dengan suku pertama dan seterusnya, melihat banyaknya data dengan cara menghitung banyaknya waktu dan menentukan beda dengan cara selisih U_1 dengan U_2, Pada indikator menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, subjek dengan kecerdasan emosional tinggi dan sedang menggunakan operasi pada deret aritmatika dengan prosedur yaitu menentukan nilai banyaknya data(n), suku pertama(a), beda(b) dan mensubstitusikan nilai banyaknya data(n), suku pertama(a), beda(b) ke operasi pada deret aritmatika, subjek dengan kecerdasan emosional rendah menggunakan operasi pada barisan aritmatika dengan prosedur yaitu menentukan nilai banyaknya data(n), suku pertama(a), beda(b) dan mensubstitusikan nilai banyaknya data(n), suku pertama(a), beda(b) ke operasi pada barisan aritmatika yang seharusnya menggunakan operasi pada deret aritmatika.Pada indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pemacahan masalah, subjek dengan kecerdasan emosional tinggi mengaplikasikan konsep yaitu banyaknya data(n), suku pertama(a), beda(b) ke dalam algoritma pemecahan hingga mendapatkan hasil akhir, subjek dengan kecerdasan emosional sedang dan rendah mengaplikasikan konsep yaitu banyaknya data(n), suku pertama(a), beda(b) ke dalam algoritma pemecahan masalah sehingga subjek belum mendapatkan hasil akhir.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Matematis, Soal HOTS, Kecerdasan Emosional
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: Rahmawati Afifah Dwi Heny
Date Deposited: 09 Sep 2022 07:54
Last Modified: 09 Sep 2022 07:54
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/3976

Actions (login required)

View Item View Item