KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW TOKOH UTAMA NOVEL CERITA GLEN ANGGARA KARYA LULUK HF DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER

Aprilya, Tresya Wida, 51806130024 and Hermawan, Wawan, 0717098801 and Jayanti, Rani, 0709099004 (2022) KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW TOKOH UTAMA NOVEL CERITA GLEN ANGGARA KARYA LULUK HF DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tresya Wida Aprilya. 2022, Kajian Psikologi Humanistik Abraham Maslow Tokoh Utama Novel Cerita Glen Anggara Karya Luluk Hf Dan Nilai Pendidikan Karakter. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit-Mojokerto. Pembimbing (1) Dr. wawan Hermawan, M.Pd. dan (2) Rani Jayanti, M.Hum. Kata Kunci: psikologi humanistik, pendidikan karakter, novel. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Psikologi humanistik tokoh utama novel Cerita Glen Anggara karya Luluk HF 2) Nilai pendidikan karakter tokoh utama novel Cerita Glen Anggara Karya Luluk HF. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam penelitian. Sumber penelitian berasal novel Cerita Glen Anggara karya Luluk HF. Subjek penelitian ini yaitu kepribadian serta konflik batin tokoh utama Glen dalam novel Cerita Glen Anggara Karya Luluk HF dengan pendekatan psikologi sastra yang dikhususkan pada teori psikologi humanistik Abraham Maslow dan Pendidikan karakter dari Kemendiknas. Data yang dihasilkan dari penelitian dikumpulkan dengan metode baca dan catat. Membaca novel dilakukan berulang-ulang dan mencatat data-data yang didapat dari hasil membaca secara cermat. Hasil penelitian ini menemukan 3 hirarki kebutuhan Abraham Maslow dalam tokoh utama novel Cerita Glen Anggara karya Luluk HF terdiri dari kebutuhan fisiologi, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan memiliki dan dimiliki. Data-data tersebut didapat dengan melihat dari tidakan dan dialog tokoh utama novel cerita Glen Anggara, peneliti menemukan 3 data pada kebutuhan fisiologi tokoh utama novel, Cerita Glen Anggara, 1 data pada kebutuhan akana rasa aman tokoh utama novel Cerita Glen Anggara, 15 data kebutuhan memiliki dan dimiliki tokoh utama novel Cerita Glen Anggara, dan menemukan 3 nilai pendidikan karakter dari 18 nilai pendidikan karakter dalam kemendiknas (2010) antara lain yaitu: peduli sosial, rasa ingin tahu, dan jujur. Data-data tersebut didapat dengan melihat dari tindakan dan dialog-dialog tokoh utama novel Cerita Glen Anggara, peneliti menemukan 10 data nilai peduli sosial tokoh utama novel Cerita Glen Anggara, 46 data nilai jujur tokoh utama novel Cerita Glen Anggara, 41 data nilai rasa ingin tahu tokoh utama novel Cerita Glen Anggara.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: psikologi humanistik, pendidikan karakter, novel.
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Aprilya Tresya Wida
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:34
Last Modified: 09 Sep 2022 08:34
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4009

Actions (login required)

View Item View Item