Putri, Yuliana Amelia/51805120023 and Rozi, Syaikhu, 0716018307 and Saifuddin, 0713128202 (2022) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PSIKOLOGI GURU DALAM MENDISIPLINKAN SHOLAT DHUHA SISWA MTS AL-MUSTHOFA CANGGU JETIS MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 1.pdf Download (631kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) | Request a copy |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam melatih sholat dhuha, kedisiplinan masih menjadi persoalan yang sulit di ranah persekolahan. Pada saat siswa mengikuti segala kegiatanyang ada di sekolah. Berbagai macam upaya diperlukan untuk mendisiplinkan siswa. Disiplin yaitu cara awal yang bagus untuk membantu para siswa untuk belajar bagaimana hidup dengan jadwal yang positif, dan menguntungkan diri mereka sendiri. Salah satu cara mendisiplinkan siswa dengan melakukan pendekatan psikologi kepada siswa. Psikologi adalah studi tentang jiwa dan perilaku manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kedisiplinan sholat dhuha dan untuk mengetahui pendekatan psikologis guru dalam mendisiplinkan sholat dhuha siswa Mts Al-Musthofa Jetis Mojokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru BP-BK, dan Guru Waka Kesiswaan. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi yang dilakukan madrasah untuk mendisiplinkan siswa yaitu: 1) Pembiasaan. 2) Contoh dan tauladan. 3) Penyadaran. 4) Pengawasan. Implementasi Pendekatan Psikologis dilakukan dengan berbagai macam cara, yaitu: 1) Bapak/ibu guru diharuskan mengetahui terlebih dahulu bagaimana latar belakang siswa. 2) Pendekatan psikologis yang sudah dilakukan bapak/ibu guru kepada siswa guna untuk mendisiplinkan siswa yaitu dengan cara melakukan komunikasi yang tidak meninggikan bahasa, emosi, dan perilaku terhadap siswa. 3) Selalu dilakukan dengan cara-cara yang lembut, dan juga perlahan. 4) Dengan cara merangkul siswa, mendidik siswa, disentuh hatinya, diberikan motivasi-motivasi, wejangan. Diharapkan kedepannya pihak sekolah lebih fokus perihal kedisiplinan siswa. Dan seorang guru harusnya lebih memahami pendekatan psikologi agar siswa menjadi lebih disiplin.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin, Sholat Dhuha, Pendekatan Psikologi. |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | Putri Yuliana Amelia |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 03:06 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 03:06 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4077 |
Actions (login required)
View Item |