ANALISIS PENGARUH MASSA ROLLER TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA SEPEDA MOTOR VARIO 125 CC

Dandi, Oktiyono, 51904070020 and RIJANTO, ACHMAD/0703057001 and Zulfika, Dicki Nizar, 0704039104 (2023) ANALISIS PENGARUH MASSA ROLLER TERHADAP TORSI DAN DAYA PADA SEPEDA MOTOR VARIO 125 CC. Bachelor thesis, Universitas islam majapahit mojokerto.

[img] Text
Abstrak (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1 - Tugas Akhir Dandi Dwi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 - Tugas Akhir Dandi Dwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 - Tugas Akhir Dandi Dwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 - Tugas Akhir Dandi Dwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5 - Tugas Akhir Dandi Dwi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka - Tugas Akhir Dandi Dwi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text
Lampiran - Tugas Akhir Dandi Dwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa dewasa ini dunia modifikasi sepeda motor sudah sangat familiar di mata kita. Upaya modifikasi tersebut tidak lain bertujuan untuk mendapatkan performa mesin di atas rata-rata standart. Ragam cara yang bisa dilakukan oleh modifikator salah satunya dengan memvariasikan massa roller CVT agar memperoleh daya ataupun torsi yang diinginkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh modifikasi massa roller CVT terhadap daya dan torsi pada Honda Vario 125 FI Tahun 2012 roller yang digunakan pada pengujiann ini adalah roller dengan massa 15 gram, 18 gram, dan kombinasi antara 15 dan 18 gram. (2) Mengetahui pengaruh variasi putaran mesin terhadap daya dan torsi pada Honda Vario 125 FI Tahun 2012. (3) Mengetahui pengaruh interaksi massa roller CVT pada variasi putaran mesin terhadap daya dan torsi pada Honda Vario 125 FI Tahun 2012. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian sepeda motor Honda Vario 125 FI Tahun 2012. Pengujian dilakukan menggunakan roller dengan massa 15 gram, 18 gram dan kombinasi (15 gram dan 18 gram).Uji hipotesis dilakukan dengan metode faktorial 2 faktor 3 level kemudian data hasil penelitian dianalisis dengan uji Dynotest. Dari hasil penelitian uji dynotest didapatkan nilai daya dan torsi yang paling besar dihasilkan oleh roller standart dengan massa 15 gram dengan hasil daya 8,8 HP dan torsi 20,8 Nm, sedangkan nilai paling kecil dihasilkan oleh roller modifikasi dengan massa 18 gram yang menghasilkan daya 8,1 HP dan torsi 19,2 Nm.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Roller CVT, putaran mesin, Daya, Torsi
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Oktiyono Dandi Dwi
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:32
Last Modified: 01 Sep 2023 08:32
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4629

Actions (login required)

View Item View Item