NOVEL AYAT-AYAT CINTA 2 KARYA HABIBURAHMAN EL SHIRAZY: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA, NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Adelina Maharani, Adelina Maharani (2016) NOVEL AYAT-AYAT CINTA 2 KARYA HABIBURAHMAN EL SHIRAZY: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA, NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img]
Preview
Text
jurnal skrpsi oke.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NOVEL AYAT-AYAT CINTA 2 KARYA HABIBURAHMAN EL SHIRAZY: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA, NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA Oleh: Adelina Maharani NIM: 5.12.06.13.0.001 Adelina Maharani, “Novel Ayat-Ayat Cinta Dua karya Habiburahman El Shirazy: Kajian Sosiologi Sastra, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, dan Relevansinya dalam pembelajaran sastra di SMA”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit-Mojokerto, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian sosiologi sastra, nilai-nilai pendidikan karakter, dan relevansinya dalam pembelajaran sastra di SMA pada novel AyatAyat Cinta 2 karya Habiburahman El Shirazy. Dalam fokus penelitian ini, peneliti memfokuskan penelitian pada, pertama: sosiologi sastra, kedua: sosiologi pengarang, ketiga: sosiologi pembaca. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian desktiptif adalah penelitian yang bermaksud membuat deskripsi mengenai situasi-situasi kejadian. Penelitian ini mengambil objek novel Ayat-Ayat Cinta Dua karya Habiburahman El Shirazy. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Tahaptahap dalam mentode penelitian ini antara lain: tempat dan waktu penelitian, jenis penelitian, subjek dan objek penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, validitas data, dan prosedur penelitian. Penelitian ini dilaksanakan selaman delapan bulan, yaitu sampai bulan agustus 2016. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sosiologi pengarang tidak dapat dipisahkan dari latar belakang pendidikan pengarang, status sosial pengarang, ideologi pengarang, dan proses kreatif pengarang. Sedangkan sosiologi sastra dalam penelitian ini menunjukkan isi dari keseluruhan novel Ayat-Ayat Cinta Dua. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Ayat-Ayat Cinta Dua meliputi: nilai religius, nilai disiplin, nilai kerja keras, nilai peduli lingkungan dan sosial, nilai tanggung jawab, nilai gemar membaca, nilai toleransi, dan nilai komunikatif. Terdapat relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Ayat-Ayat Cinta Dua dengan pembelajaran sastra di SMA pada kurikulum KTSP dan kurikulum K13. Kata- kata Kunci : Sosiologi Sastra, sosiologi pengarang, sosiologi pembaca, nilai-nilai pendidikan karakter, dan relevansi pembelajaran sastra di SMA.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Sosiologi Sastra, sosiologi pengarang, sosiologi pembaca, nilai-nilai pendidikan karakter, dan relevansi pembelajaran sastra di SMA
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2019 06:33
Last Modified: 02 Apr 2019 04:01
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/491

Actions (login required)

View Item View Item