IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 2 PURI MOJOKERTO

Alfarizki, Andra Fian, 51906130004 and Suwandana, Engkin, 0711038304 and Hermawan, Wawan, 0717098801 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMPN 2 PURI MOJOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan pilar penting dalam kehidupan umat manusia. Dalam pendidikan kurikulum merupakan komponen penting dalam keberhasilan pendidikan tersebut sebagai wadah untuk setiap individu meningkatkan kualitas dirinya. Dalam perkembangannya perubahan kurikulum di Indonesia sudah terjadi sebanyak 14 kali perubahan mulai dari kurikulum rentjana hingga kurikulum merdeka yang baru saja ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan Indonesia. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana persiapan, pelaksanaan hingga kendala dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Indonesia dan kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila yang dilaksanakan di SMPN 2 Puri Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan SMPN 2 Puri yang akan dijadikan tempat untuk melakukan penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan: 1) Tahap persiapan yang dilakukan dalam implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Indonesia dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila meliputi asesmen awal terkait kondisi sekolah, persiapan terkait sumber daya manusia dan tenaga pendidik, pembuatan draft kurikulum, asesmen lingkungan, merancang tema, membuat modul ajar, menentukan alokasi waktu serta menyiapkan mental peserta didik dalam kegiatan. 2) Tahap pelaksanaan yang meliputi memberikan kemerdekaan belajar bagi peserta didik, pembelajaran yang berdiferensiasi, materi pembelajaran yang esensial, tenaga pendidik yang berperan sebagai fasilitator dan projek akhir dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 3) Kendala yang meliputi terbatasnya biaya operasioanal, terbatasnya sumber daya manusia, pemahaman antar tenaga pendidik yang berbeda terkait kurikulum merdeka, waktu yang terbatas untuk menerapkan pembelajaran yang berdiferensiasi, dan kurangnya antusiasme dari peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Implementasi, Pendidikan
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Alfarizki Andra Fian
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:22
Last Modified: 06 Sep 2023 08:22
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/4934

Actions (login required)

View Item View Item