MIFTAKHUL ALAM, 51905120035 and Syaifuddin, 0713128202 and Syarif, Muhammad, 0712127308 (2024) KONTRA RADIKALISME MELALUI PEMBELAJARAN ASWAJA DI SMPI ROUDLOTUN NASYIIN KEMLAGI. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Text
2. halaman depan.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text
3. BAB I.pdf Download (350kB) | Preview |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
||
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
||
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
||
|
Text
7. BAB V.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) | Preview |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) | Request a copy |
Abstract
Alam, Miftakhul, 2023. Kontra Radikalisme Melalui Pembelajaran Aswaja di SMPI Roudlotun Nasyiin Kemlagi, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I: Dr. Syaifuddin, MA Pembimbing II: M. Syarif, M.PdI SMPI Roudlotun Nasyiin Kemlagi yang keberadaannya di bawah naungan Perkumpulan Sosial dan Pendidikan Roudlotun Nasyiin menjadikan pembelajaran Aswaja menu wajib bagi para siswa. Ini tidak luput dari berbagai macam latar belakang masalah, diantaranya : Keberadaan SMPI Roudlotun Nasyiin yang memang disiapkan untuk menampung peserta didik dari lulusan Sekolah Dasar yang berada di sekitar wilyah Kecamatan Kemlagi. Basis siswa yang memang mayoritas dari lulusan Sekolah Dasar yang pemahaman agamanya relative kurang. Berdasarkan latar belakang tersebut Penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan (1) untuk mengetahui proses pembelajaran Aswaja dilaksanakan di SMPI Roudlotun Nasyiin. (2) mengetahui strategi kontra radikalisme untuk mencegah paham radikalisme melalui pembelajaran Aswaja di SMPI Roudlotun Nasyiin. Berdasarkan bentuknya, penelitian ini mencakup jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan pengamatan terlibat (Participant Observation); wawancara mendalam (Indepth Interview); dan dokumentasi. Analisa data terdiri dari tiga alur yang saling berkaitan, yaitu: reduksi data; penyajian data; dan verifikasi. Setelah dilakukan analisa mendalam, hasil penelitian menunjukkan (1) faktor yang menentukan tingkat keberhasilannya adalah kekompakan dan totalitas para guru dalam proses pembelajaran yang menerapkan pembelajaran yang inovatif, variatif dan kreatif. (2) Selain kegiatan di dalam kelas implementasi nilai-nilai Aswaja juga dilakukan di luar kelas seperti kegiatan keagamaan di SMPI Roudlotun Nasyiin juga terlaksana dengan baik, mulai dari shalat dhuha berjamaah dilanjut tanya jawab serta diskusi isu-isu terkini, sholat dzuhur berjamaah di masjid, baca tulis al-Qur’an, tahlil, istighosah, pembacaaan sholawat nabi dan grup banjari. (3) Implementasi nilai-nilai tawasut, tawazun, i’tidal dan tasamuh ke dalam pembelajaran yang mendorong siswa untuk bersikap aktif serta menyibukkan mereka dengan berbagai kegiatan keagamaan di luar kelas yang senantiasa dalam bimbingan para guru. Maka hal itu kedepannya akan melahirkan pemikiran-pemikiran terbuka dan kritis namun tetap dalam koridor nilai-nilai aswaja. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, beberapa rekomendasi dapat diberikan, yaitu keberadaan SMPI Roudlotun Nasyiin yang sudah mengalami perkembangan pesat dari segi akademik dengan berbagai program dan prestasi dalam menangkal isu-isu radikalisme di lingkungan sekolah diharapkan mampu menjadi role model bagi sekolah-sekolah yang lain. Bagi tenaga pendidik tentu saja agar senantiasa konsisten dalam mengemban misi mendidik siswa dengan nilai-nilai yang berprinsip pada Aswaja. Kunci : Kontra radikalisme, Aswaja
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kontra radikalisme, Aswaja |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | Alam Miftakhul |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 03:38 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 03:38 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5054 |
Actions (login required)
View Item |