ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 7 SMPN 2 PURI

Sukinarti, Desy Yantene, 52006130014 and Mardliyah, Asih Andriyati,0719048903 and Afkar, Taswirul, 0726018705 (2024) ANALISIS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 7 SMPN 2 PURI. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran yang menarik dan interaktif sangat diperlukan sebagai salah satu kriteria paling penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran pada proses pembelajaran berlangsung. Lumio by Smart, platform pembelajaran online berbasis web yang interaktif dan menyenangkan. Penerapan media pembelajaran digital yang efisien dan efektif dalam proses pembelajaran dapat menjadi salah satu kriteria penting untuk mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pembelajaran siswa dan guru kelas 7 SMPN 2 Puri dengan menggunakan media pembelajaran digital dan mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 7 SMPN 2 Puri dengan penerapan media pembelajaran digital. Penelitian ini tergolong penelitian studi kasus, dimana subjek penelitian adalah siswa kelas 7C yang menerima penerapan media digital Lumio by Smart. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data wawancara dan observasi dilakukan reduksi data kemudian disajikan dalam bentuk tabel. Data dokumentasi berupa transkip nilai hasil belajar melalui tes dan foto. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas awal pembelajaran dengan penerapan media digital, Lumio by Smart, di kelas 7C guru memulai pembelajaran dan menunjukkan gambar contoh surat, kemudian siswa menganalisis unsur pembentuk surat, dengan menjawab pertanyaan dan berdikusi. Guru menjelaskan materi secara menyeluruh dan menutup pertemuan pembelajaran dengan berdoa serta memberi motivasi belajar. Perolehan hasil belajar siswa pada materi surat di kelas 7C yang menggunakan media digital, Lumio by Smart, mencapai 53% dengan 17 siswa yang tuntas termasuk dalam kriteria baik. Bertolak belakang dengan kelas 7A yang aktivitas pembelajarannya tanpa menggunakan media digital, Lumio by Smart, perolehan hasil belajar mencapai 25% dengan 8 siswa yang tuntas termasuk dalam kriteria kurang. Dengan demikian, penerapan media pembelajaran digital yang efektif, seperti Lumio by Smart, meningkatkan keterlibatan siswa dan berdampak positif terhadap hasil pembelajaran pendidikan bahasa Indonesia di SMPN 2 Puri.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Lumio by Smart, Media digital, Hasil belajar, Interaktif.
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Sukinarti Desy Yantene
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:01
Last Modified: 16 Aug 2024 04:01
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5075

Actions (login required)

View Item View Item