GAMIFICATION DALAM PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BANGSAL

Ivana, Nova Mega, 52006130004 and Suwandana, Engkin, 0711038304 and Hermawan, Wawan, 0717098801 (2024) GAMIFICATION DALAM PEMBELAJARAN TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BANGSAL. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.

[img] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (648kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat belajar dan pemahaman siswa dalam materi teks negosiasi pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bangsal melalui penerapan Gamification. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X-8 menggunakan media Gamification dengan memperhatikan penggunaan elemen story, challenge, dan curiousity, yang dapat mempengaruhi keterlibatan siswa dalam pembelajaran, karena pembelajaran disajikan dalam bentuk permainan yang secara efektif dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa pada pembelajaran teks negosiasi kelas X di SMA Negeri 1 Bangsal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil penelitian, pengolahan data, analisis data serta pembahasan menunjukkan ada pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar dan pemahaman materi pada siswa dengan penerapan Gamification dalam pembelajaran teks negosiasi di SMA Negeri 1 Bangsal. Hal ini didukung dengan perbandingan hasil skor angket respon guru dan siswa terhadap metode PBL dengan metode Gamification tiap indikator mengalami kenaikan skor. Sehingga dapat disimpulkan penerapan Gamification meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa dalam pembelajaran teks negosiasi di SMA Negeri 1 Bangsal. Kata Kunci: Gamification; Teks Negosiasi; Minat belajar dan Pemahaman

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Gamification; Teks Negosiasi; Minat belajar dan Pemahaman
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Ivana Nova Mega
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:22
Last Modified: 19 Aug 2024 02:22
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5083

Actions (login required)

View Item View Item