ANALISIS ETNOPRAGMATIK DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERAMAH K.M. MUKARROM DI PONDOK PESANTREN DARUL MUWAHHIDINMOJOSARI-MOJOKERTO

ISMUHAZAR, ISMUHAZAR (2017) ANALISIS ETNOPRAGMATIK DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERAMAH K.M. MUKARROM DI PONDOK PESANTREN DARUL MUWAHHIDINMOJOSARI-MOJOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img]
Preview
Text
COVER JURNAL.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ismuhazar. 2017. Analisis Etnopragmatik dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Ceramah K.M. Mukarrom di Pondok Pesantren Darul Muwahhidin MojosariMojokerto. Skripsi,Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing I: Doni Uji Wiindiatmoko, M.Pd. Pembimbing II: Asih Andriyati Mardliyah, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis etnopragmatik dan nilai pendidikan karakter dalam ceramah K.M. Mukarrom. Fokus penelitian ini adalah pengaruh budaya Jawa, kesantunan bahasa, dan nilai pendidikan karakter yang terkandung pada ceramah K.M. Mukarrom. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian jenis kualitatif deskriptif. penelitian deskriptif adalah penelitian yang bermaksud membuat deskripsi mengenai situasi-situasi kejadian. Penelitian ini mengambil objek ceramah K.M. Mukarrom di Pondok Pesantren Darul Muwahhidin MojosariMojokerto dengan subjek K.M. Mukarrom. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Tahap-tahap dalam metode penelitian ini antara lain: tempat dan waktu penelitian, jenis penelitian, subjek penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, teknik sampling, teknik analisis data, teknik validitas data, dan prosedur penelitian. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan, yaitu bulan Maret sampai Agustus 2017. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh budaya Jawa terhadap ceramah K.M. Mukarrom memberikan dampak positif bagi santri untuk menggunakan bahasa Jawa yang baik, serta menjadi peribadi yang lebih baik dari sebelumnya dengan bersikap sopan serta bertutur kata yang baik. Kesantunan bahasa dalam ceramah K.M. Mukarrom memuat tuturan imperatif maupun nonimperatif melalui tuturan deklaratif bermakna imperatif ajakan, suruhan, dan larangan, serta tuturan interogatif bermakna imperatif perintah, persilaan, dan larangan. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam ceramah K.M. Mukarrom meliputi: nilai religius, jujur, cinta damai, peduli sosial, dan peduli lingkungan. KataKunci: Analisis Etnopragmatik, Kesantunan Bahasa, Nilai Pendidikan Karakter

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Analisis Etnopragmatik, Kesantunan Bahasa, Nilai Pendidikan Karakter
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2019 06:42
Last Modified: 01 Apr 2019 08:20
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item