Fitri Nur Fadlilah Syafa'idah, 52005120031 and Ainul Yaqin, M.Pd.I, 0706017402 and Saifuddin, 0713128202 (2024) Pengaruh Metode Syawir Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XII MA Bidayatul Hidayah. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit Mojokerto.
Text
ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (758kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (849kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Fitri Nur Fadlilah Syafa’idah, 2024. Pengaruh Metode Syawir Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XII MA Bidayatul Hidayah Mojogeneng. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit (UNIM) Pembimbing I : Dr. Ainul Yaqin, M.Pd.I. Pembimbing II : Dr. Saifuddin, S.Pd.I., M.A. Penelitian ini dilakukan karena sebuah realita terkait rendahnya kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran fikih. Hal tersebut terjadi karena pembelajaran yang terlalu membosankan sehingga materi yang disampaikan oleh guru tidak dapat diterima dengan baik oleh siswa. Pembelajaran semacam itu biasanya masih menggunakan metode ceramah seperti yang di terapkan di sekolah-sekolah pada umumnya, karena metode tersebut yang berperan aktif saat pembelajaran adalah guru, siswa hanya mendengarkan materi yang disampaikan. Maka dari itu untuk meningkatkan kemampuan analisis perlu adanya metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk berperan aktif salah satunya adalah menggunakan metode syawir. Dengan adanya metode pembelajaran syawir diharapkan dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran fikih. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan yang pertama untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode syawir yang diterapkan di MA Bidayatul Hidayah, kedua untuk mengetahui bagaimana kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran fikih dan yang ketiga untuk mengetahui apakah ada pengaruh terkait efektivitas metode syawir terhadap kemampuan analisis siswa. Penelitian yang dilakukan di MA Bidayatul Hidayah ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan korelasi atau korelasial. Penelitian ini melibatkan 182 siswa sebagai responden. Dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana untuk mendapatkan sebuah hasil. Adapun hasil dari penelitian yang telah dilakukan mendapatkan gambaran bahwa efektivitas metode syawir di MA Bidayatul Hidayah terbilang tidak efektif karena nilai rata-rata hanya 47,83. Begitu juga kemampuan analisis siswa juga masih rendah karena rata-rata nilai yang didapatkan dari soal tes hanya 55 yang mana nilai tersebut masih dibawah KKM yaitu 73. Akan tetapi hasil penelitian juga menyatakan bahwa efektivitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran fikih yang dibuktikan dengan nilai sig sebesar 0,002 < 0,05. Namun nilai R² (R square) hanya sebesar 0,051 yang menunjukkan bahwa pengaruh efektivitas metode syawir terhadap kemampuan analisis hanya berpengaruh 5,1% saja sisahnya 94,9% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain. Akan tetapi meskipun tingkat pengaruhnya renda kedua variabel ini memiliki hubungan yang searah. Kata Kunci : Metode Syawir, Kemampuan Analisis, Mata Pelajaran Fikih
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Metode Syawir, Kemampuan Analisis, Mata Pelajaran Fikih |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education |
Depositing User: | SYAFA'IDAH FITRI NUR FADLILAH |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 03:39 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 03:39 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5431 |
Actions (login required)
View Item |