GAME STICKMAN SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK MEMBANGKITKAN MINAT TERHADAP SEJARAH MAJAPAHIT

Cahyono, Joko Dwi and Ronny, Makhfuddin Akbar, 0709078604 and Saifuddin, 0713128202 (2024) GAME STICKMAN SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK MEMBANGKITKAN MINAT TERHADAP SEJARAH MAJAPAHIT. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

[img] Text
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada era sekarang, game telah berkembang pesat menjadi industri besar dan diakui sebagai salah satu cabang olahraga, yaitu e-sport. Salah satu game yang berhasil menarik perhatian banyak penggemar adalah Game Stickman, yang dengan desain grafis sederhana dan gameplay yang adiktif, mampu memikat jutaan pemain di seluruh dunia. Namun, tingginya minat anak-anak terhadap game seperti Stickman sering kali menyebabkan penurunan minat belajar mereka, yang menjadi masalah serius dalam pendidikan. Anak-anak yang lebih suka bermain game sering kali kesulitan fokus pada pembelajaran formal, yang berdampak negatif pada motivasi belajar mereka. Minat yang rendah dalam membaca dan mempelajari sejarah di kalangan anak-anak merupakan tantangan besar dalam dunia pendidikan. Meskipun ada ketertarikan laten terhadap tema sejarah seperti peradaban awal di Kepulauan Indonesia, aktualisasi minat masih rendah. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan metode pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, seperti menggunakan permainan sebagai alat pembelajaran. Penelitian ini merancang permainan Stickman yang dirancang khusus untuk memahami sejarah Majapahit. Hasil evaluasi dari 28 pemain menunjukkan bahwa game ini memiliki desain yang sangat baik, dengan 94,29% respon positif, serta pesan edukatif yang jelas dan mudah dipahami menurut 98,57% responden. Tingkat kesulitan dinilai cukup sesuai, dengan 72,86% responden merasa bahwa game ini menantang namun tetap dapat dimainkan. Kesimpulannya, game ini efektif dalam meningkatkan minat anak-anak terhadap sejarah Majapahit dan peristiwa Perang Bubat, serta dapat berfungsi sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Game, Metode pembelajaran inovatif, Stickman, Sejarah Majapahit, Edukasi Interaktif.
Subjects: 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Divisions: Faculty of Engineering > Computer and Information Technology
Depositing User: Joko Dwi Cahyono
Date Deposited: 20 Sep 2024 06:33
Last Modified: 20 Sep 2024 06:33
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5660

Actions (login required)

View Item View Item