Desain dan Implementasi Model Strategi Pemasaran Berdasarkan Boston Matrix (Studi Kasus Pada Home Industry Flora Store Lamongan)

Prasetio, ongky aji, 52104090020 and Puspitorini, Pipit Sari, 0709127801 and Efendi, Imaduddin Bahtiar, 0722067704 (2025) Desain dan Implementasi Model Strategi Pemasaran Berdasarkan Boston Matrix (Studi Kasus Pada Home Industry Flora Store Lamongan). Bachelor thesis, universitas islam majapahit.

[img] Text
abstrak (revisi) (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja penjualan dua platform e-commerce,yaitu Shopee dan TikTok Shop, menggunakan data penjualan dari Flora Store, sebuah home indsustry parfum yang terletak di Lamongan, Jawa Timur. Dalam menghadapi persaingan antar pasar digital yang semakin ketat, pelaku usaha seperti Flora Store memanfaatkan platform online untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dan meningkatkan penjualan. Data penjualan bulan April 2024 hingga Maret 2025 dianalisis dengan bantuan perangkat lunak Tableau, melalui visualisasi tren penjualan, perhitungan pertumbuhan pasar, serta pemetaan posisi platform dalam kerangka BCG Matrix. Hasil analisis menunjukkan bahwa Shopee menempati posisi cash cow karena performa penjualannya stabil dan mendominasi, sedangkan TikTok Shop berada pada posisi question marks, karena tingkat pertumbuhan tinggi namun penjualannya tidak stabil. Penelitian ini memberikan gambaran strategis mengenai pemanfaatan platform digital dalam mengembangkan home industry sekaligus menyarankan perlunya pendekatan pemasaran konten yang lebih agresif.

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Industri rumahan; E-commerce; Analisis penjualan; BCG Matrix; Tableau
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Publikasi Ilmiah > Jurnal
0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Teknik > Teknik Industri
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering
Depositing User: Prasetio Ongky Aji
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:59
Last Modified: 08 Aug 2025 08:59
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5870

Actions (login required)

View Item View Item