Khasanah, Mulia Putri, Mulia Putri, 52106130008 and Jayanti, Rani, Rani, 0709099004 and Mardliyah, Asih Andriyati, Asih Andriyati, 0719048903 (2025) ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA NOVEL AKU TAK MEMBENCI HUJAN KARYA SRI PUJI HARTINI DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
![]() |
Text
ABSTRAK fiks.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB I skripsi.pdf Download (322kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB II skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB III skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V skripsi.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi.pdf Download (316kB) | Preview |
|
![]() |
Text
LAMPIRAN skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis kepribadian tokoh utama dalam novel Aku Tak Membenci Hujan karya Sri Puji Hartini dengan menggunakan teori arketipe Carl Gustav Jung, serta (2) mengidentifkasi nilai-nilai pendidikan karakter menurut Michael Josephson yang tercermin dalam cerita. Fokus analisis mengacu pada empat arketipe utama Jung, yaitu persona, anima, bayangan (shadow), dan diri (self), serta lima nilai karakter Josephson yang meliputi kepercayaan, rasa hormat, tanggung jawab, keadilan, dan kepedulian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membaca intensif novel dan mencatat kutipan yang menunjukkan dinamika kepribadian dan nilai-nilai karakter tokoh. Validitas data diperoleh melalui triangulasi teori dengan membandingkan temuan dengan teori Jung dan Josephson, serta triangulasi data melalui perbandingan berbagai kutipan dari novel untuk menguatkan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama, Karang, mengalami proses perkembangan kepribadian yang kompleks. Berdasarkan analisis, (1) ditemukan 13 kutipan yang menunjukkan aspek persona, 11 kutipan aspek anima, 21 kutipan aspek bayangan, dan 6 kutipan aspek diri. Sementara itu, (2) nilai-nilai pendidikan karakter juga tercermin kuat dalam perilaku Karang, dengan 5 kutipan menunjukkan kepercayaan, 4 kutipan rasa hormat, 5 kutipan tanggung jawab, 3 kutipan keadilan, dan 4 kutipan kepedulian. Temuan tersebut menunjukkan bahwa perjalanan psikologis Karang tidak hanya mencerminkan konflik batin, tetapi juga mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang relevan untuk dijadikan teladan dalam kehidupan bermasyarakat.
Item Type: | Skripsi/Thesis (Bachelor) |
---|---|
Additional Information: | muliakh48@gmail.com |
Uncontrolled Keywords: | Kepribadian, Carl Gustav Jung, Pendidikan Karakter |
Subjects: | 0 Majapahit Islamic University Subject Areas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Indonesia Lenguage Education |
Depositing User: | Khasanah Mulia Putri |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:44 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:44 |
URI: | http://repository.unim.ac.id/id/eprint/5963 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |