PENDIDIKAN CINTA ALQURAN (STUDI di SMP ISLAM TERPADU PERMATA KOTA MOJOKERTO)

DENNY SANDYARANI, DENNY (2019) PENDIDIKAN CINTA ALQURAN (STUDI di SMP ISLAM TERPADU PERMATA KOTA MOJOKERTO). Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
bismillah laakhaula walaaquwwata illa billaah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sandyarani, Denny, 2018. Pendidikan Cinta Alquran (Studi Di SMP Islam Terpadu Permata), Skripsi/Tugas Akhir, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit. Pembimbing I: H. Muhammad Nizar, S.Ag, M.H.I Pembimbing II: Saifuddin, S.Pd.I, M.A Hakikat pendidikan merupakan proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Pendidikan menjadi tumpuan harapan untuk dapat mencerdaskan kehidupan bangsa karena yang berlangsung di sekolah/madrasah keberadaannya disengaja untuk mengubah perilaku siswa menjadi manusia yang berilmu, bermoral, dan beramal sholih. Pendidikan bukan hanya terletak pada bagaimana guru mengajarkan ilmu-ilmu dunia saja, namun lebih dari itu, guru haruslah memadukan antara ilmu dunia dan apa yang ada dalam Alquran. Sehingga, salah satu aspek penting dalam lembaga pendidikan (sekolah) adalah peran guru yang juga berpengaruh penting dalam proses pendidikan yang berlangsung dalam sekolah. Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penulis tertarik untuk meneliti judul Pendidikan Cinta Alquran (Studi di SMP Islam Terpadu Permata). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pendidikan cinta Alquran di SMP Islam Terpadu Permata. 2) Mengetahui strategi yang dilakukan SMPIT Permata dalam membentuk generasi cinta Alquran. 3) Mengetahui peran guru dalam membentuk generasi cinta Alquran. Penelitian dapat dikategorikan dalam jenis penelitian Kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara dan dokumen-dokumen pendukung wawancara. Data kemudian dikumpulkan dan selanjutnya dilakukan analisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. SMP Islam Terpadu Permata membuat berbagai strategi yaitu, Alquran Fun, Alquran Camp, wisuda Hifdzil Quran, pembentukan Laskar Cinta Alquran (LCA), strategi segitiga emas, reward guru, program guru menghafal, dan evaluasi pembelajaran. Selain strategi tersebut, peran guru membantu terlaksananya misi sekolah. Guru sebagai motivator, fasilitator, dan teladan/contoh sekaligus mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan. Setelah dilakukan penarikan kesimpulan dengan cara mengaitkan atau menghubungkan dari fenomena yang terjadi di lapangan, pendidikan cinta Alquran di SMP Islam Terpadu Permata membuat program-program guna mewujudkan visi “Membentuk Generasi Cinta Alquran” Kata Kunci: Pendidikan, Cinta Alquran

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Cinta Alquran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2019 04:07
Last Modified: 04 Apr 2019 04:48
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item View Item