HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU ASERTIF SISWA MTs SURBAN PACET

M. KHUSAINI BASIR, M. KHUSAINI BASIR (2019) HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI AQIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU ASERTIF SISWA MTs SURBAN PACET. Bachelor thesis, UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO.

[img] Text
BAB_1-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)

Abstract

ABSTRAKSI Basir, Khusaini, 2018. Hubungan Pemahaman Materi aqidah Akhlak dengan Perilaku Asertif Siswa, Skripsi, Program studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit(UNIM). Pembimbing I: Dr. H. Nasiruddin, M.Pd.I Pembimbing II: M. Ali Rohmad, M.Pd.I Mata pelajaran Aqidah Akhlak adalah sub mata pelajaran pada jenjang pendidikan menengah yang membahas ajaran agama Islam dalam segi aqidah dan akhlak. Pendidian Akhlak Islam merupakan suatu proses mendidik, memelihara, membentuk, dan memberikan latihan mengenai Akhlak dan kecerdasan berfikir baik yang bersifat formal maupun informal yang didasarkan pada ajaran-ajaran Islam. Pendidikan dalam lembaga Madrasah ini, khusus memberikan pendidikan tentang Akhlakul Karimah agar dapat mencerminkan kepribadian sesorang. Permasalahan yang dimaksud adalah Bagaimana Hubungan Pemahaman Materi Aqidah Akhlak dengan Perilaku Asertif Siswa, dan Asertif sendiri ialah perilaku individual yang melibatkan aspek kejujuran, keterbukaan pikiran dan perasaan. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk: 1) Mengetahui Pemahaman Materi Aqidah Akhlak Siswa. 2) Mengetahui Perilaku Asertif Siswa. 3) Mengetahui Hubungan Pemahaman Materi Aqidah Akhlak dengan Perilaku Asertif Siswa. Berdasarkan bentuknya, penelitian ini mencakup jenis penelitian kuantitatif, metode pengumpulan data menggunakan angkat/kuesioner, tes, observasi dan dokumentasi. Setelah dilakukan analisa mendalam, hasil penelitian menunjukkan : 1) Tingkat pemahaman materi Aqidah Akhlak siswa termasuk dalam kategori sedang, hal ini dibuktikan bahwa nilai rata-rata hasil tes siswa menjawab benar 15 pertanyaan, dimana nilai tersebut termasuk dalam kategori cukup. 2) tingkat nilai perilaku Asertif Siswa termasuk dalam kategori sedang, hal ini dibuktikan dengan menghitung nilai rata-rata siswa dengan hasil 60, dimana nilai tersebut dalam kategori cukup. 3) Hubungan pemahaman Materi Aqidah Akhlak dengan Perilaku Asertif Siswa terdapat hubungan yang cukup, dengan perhitungan yang menghasilkan angka 0,482, yang mana hasil tersebut dikonsultasikan dengan r product moment lebih besar dari r tabel. Kata kunci: Pemahaman materi, Aqidah AKhlak, dan Perilaku Asertif..

Item Type: Skripsi/Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman materi, Aqidah AKhlak, dan Perilaku Asertif..
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islam Religion Education
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2019 07:50
Last Modified: 04 Apr 2019 04:19
URI: http://repository.unim.ac.id/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item View Item